Mohon tunggu...
SAFHA NISHA SATHIYA
SAFHA NISHA SATHIYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Agribisnis

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendampingan Pembersihan Lahan dan Pencacahan Tanah oleh Mahasiswa PKL MBKM Matching Fund UMM 2022 di Desa Batur

6 Oktober 2022   16:26 Diperbarui: 6 Oktober 2022   16:40 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kab. Semarang -- pada hari Senin, tanggal (05/09/2022) Kelompok Praktek Kerja Lapang (PKL) MBKM Matching Fund Universitas Muhammadiyah Malang 2022 yang terdiri dari 3 jurusan yaitu Agribisnis, Agroteknologi, dan Manajemen melakukan pendampingan terhadap kegiatan BUMDes Mutiara Arta yaitu pembersihan lahan dan pencacahan tanah guna untuk mempersiapkan dibangunnya Screen House yang akan digunakan untuk Perbenihan Kentang. Lokasi lahan terletak dibelakang Balai Desa Batur, dalam kegiatan ini para Mahasiswa Program MBKM ini didampingi oleh Sugiyono selaku Direktur BUMDes Mutiara Arta.

(Dokpri)
(Dokpri)

Kegiatan pendampingan pembersihan lahan membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari. Lahan tersebut seluas  m2, kegiatan pembersihan lahan ini dilakukan guna untuk memenuhi persyaratan dalam pembangunan Screen House, seperti yang dijelaskan diawal. Tidak hanya melakukan kegiatan pembersihan lahan, para Mahasiswa Program Praktek Kerja Lapang MBKM Matching Fund Universitas Muhammadiyah Malang 2022 juga melakukan kegiatan pendampingan dalam pencacahan tanah.

(Dokpri)
(Dokpri)


Pada hari Kamis tanggal (08/09/2022) memulai kegiatan pendampingan pencacahan tanah pada lahan yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan Screen House. Pencacahan Tanah adalah suatu kegiatan yang dilakukan terhadap tanah yang akan digunakan untuk lahan pertanian atau Screen House. Pencacahan tanah dilakukan guna untuk menghilangkan gulma-gulma yang ada di lahan tersebut, serta membuat kontur tanah lebih gembur. Proses pencacahan tanah ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari.

(Dokpri)
(Dokpri)

Tidak hanya melakukan kegiatan pendampingan pencacahan tanah, para mahasiswa juga ikut serta dalam melakukan pembuangan sisa-sisa kegiatan pembersihan lahan yang sedari kemarin telah dilakukan. Sebenarnya dalam kegiatan pendampingan pembersihan lahan sampai pencacahan tanah bisa dilakukan dengan estimasi waktu hanya 1-2 hari saja, akan tetapi dalam kegiatan ini masyarakat tidak antuias ikut dalam membersihkan lawah yang akan nantinya digunakan untuk perbenihan kentang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan