Mohon tunggu...
Annisa Salsabila
Annisa Salsabila Mohon Tunggu... Ilustrator - Mahasiswa dan Freelancer

Raga akan hilang, tetapi tulisan akan abadi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemuda Harapan Menuju Indonesia Gemilang Tahun 2045

27 Juli 2021   10:06 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:44 112 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemuda Harapan Menuju Indonesia Gemilang Tahun 2045
Gambar anak-anak Indonesia/ Pixabay.com

[share tulisan tahun 2020 ketika hari sumpah pemuda]

Di tahun ke-92 dalam memperingati hari Sumpah Pemuda yang bertemakan bersatu dan bangkit tentunya berbagai lapisan masyarakat terutama para pemuda pemudi menginginkan kehidupan yang lebih baik di kemudian harinya. 

Karena nasib Indonesia di masa depan ada di tangan kami para pemuda Indonesia. Dengan meningkatkan berbagai sektor bidang yang membuat Indonesia semakin bertumbuh, menjadi harapan besar bagi setiap individu dan kelompok. Indonesia memiliki keunikan yaitu masyarakatnya yang multikultural

Menurut Lawrence Blum multikultural adalah suatu keyakinan dalam bentuk ideologi untuk bisa menerima perbedaan agama, politik, etnis, dan perbedaan lainnya. Baik dilakukan secara individual atau dilakukan dalam kelompok sosial tertentu. 

Membuat masyarakat terhubung atas satu visi dan misi menjadi langkah awal penyelarasan agar langkah-langkah berikutnya berjalan sesuai dengan harapan awal. 

Untuk menyatukan masyarakat multikultural ini, Indonesia telah memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang ada sejak zaman kemerdekaan diikrarkan. Semboyan ini adalah bentuk suatu penyatuan atas segala perbedaan yang ada di Indonesia. J

ika semboyan ini terus dijalankan tentunya kita akan mendapatkan kehidupan yang tentram dan terhindar dari konflik yang di akibatkan oleh perbedaan ras, suku, dan agama serta perbedaan lainnya. 

Pengharapan akan masa depan yang lebih baik membuat kita membayangkan apa yang akan terjadi di 25 tahun mendatang, bagaimana bentuk masyarakat yang ideal pada tahun tersebut? 

Apakah negara Indonesia dapat keluar dari permasalahan yang telah ada seperti masalah kemiskinan teratasi, daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar Indonesia) berkurang, korupsi tidak lagi merajalela, kecukupan pada pangan dan sandang, meratanya akses pendidikan, lapangan pekerjaan bertambah dan tingkat pengangguran akankah semakin rendah? Untuk membangun kondisi tersebut apa yang perlu dipersiapkan dari sekarang harus dilakukan secara konsisten agar pembentukan harapan menjadi rampung di tahun 2045 dan seterusnya. 

Dimulai dari bersatunya suatu masyarakat dalam pandangan yang sama untuk menyetarakan, tidak membeda-bedakan antar individu. Yang terpenting cara anak muda menyumbangkan langkah positif untuk membangun negeri ini. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan pemikiran terbuka. Berpikir walaupun pemikiran kita benar, bisa jadi pemikiran orang juga benar. Kita mampu untuk melihat suatu permasalahan dengan sudut pandang yang berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN