Mohon tunggu...
Ninik Haryati
Ninik Haryati Mohon Tunggu... Guru - Pendidik PAUD

Menyukai Deisgn Grafis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - Modul 1.3_Ninik Haryati

5 Desember 2022   06:43 Diperbarui: 5 Desember 2022   06:51 357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

Modul 1.3 di mulai pada ranggal 22 November 2022. Pada modul ini membahas tentang Visi Guru Penggerak. Saya membuat Visi Guru Penggerak. Visi Guru Penggerak saya adalah "Mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, berakhlak mulia, kreatif, cerdas dan bernalar kritis.  Saya bersiap diri untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan pencapaian visi yang saya susun.  Saya menyusun prakarsa perubahan "Meningkatkan kreativitas anak dalam menghasilkan karya.  Saya awali dengan kegiatan pagi di halaman sekolah. Anak-anak saya ajak untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, mencabut rumput dan memungut sampah jika menemukan sampah. Hal ini merupakan praktik baik saya dalam membiasakan anak menjaga kebersihan lingkungan, peduli terhadap lingkungan. Besuknya anak anak saya ajak jalan-jalan keluar sekolah melewati gang-gang kecil sekitar lingkungan sekolah. Praktik baik dalam membiasakan diri mengenal lingkungan, dan  mengenal arah. Lalu besuknya kegiatan paginya  balap dingklik. Dalam hal ini anak anak dilatih untuk mandiri berusaha maksimal mencapai tujuan, dan besuknya lagi permainan ambil lego sesuai warna secara berkelompok dengan mata ditutup untuk yang memimpin didepan. Hal ini mengajarkan kerjasama antar anggota kelompok, ada karakter cerdas dan bernalar kritis dalam menyusun strategi permainan. Saya juga ajak anak-anak untuk sholat berjamaah di amsjid bersama dengan kelas lain, untuk menumbuhkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah kegiatan pagi selesai, anak-anak masuk kelas. Kegiatan berfokus pada pengembangan kreativitas anak. Kegiatan yang saya lakukan bersama anak-anak seperti membuat kotak sampah dari kertas buram, membuat kotak pensil dari botol bekas air mineral, membuat penyekat buku dari kardus bekas susu formula. Kegiatan tersebut saya sesuaikan dengan prakarsa perubahan yang susun. Dalam kegiatan ini tentunya masih ada kendala. Kendala yang utama adalah dalam hal kemandirian dan kreativitas. Namun demikian saya berusaha mengatasinya dengan sabar menuntun anak dalam menyelesaikan kegiatan secara sabar dan mandiri. Dan alhamdulillah upaya menuntun anak berjalan dengan lancar.

Saya merasa bahagia mempelajari materi tentang Visi Guru Penggerak ini. M emberikan nuansa baru bagi saya ndalam membimbing anak-anak belajar. Saya menjadi tahu arah kemana anak-anak ini akan saya bawa. Dengan apa anak-anak ini harus saya tuntun sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Saya menjadi percaya diri dalam setiap langkah melakukan kegiatan perubahan di dalam kelas. Demikian juga anak-anak mereka bahagia dan lebih terfokus dalam melakukan kegiatan. Hal ini terbukti dari banyak cerita orang tua bahwa anaknya dirumah berusaha membuat kreativitas seperti yang dilakukan di sekolah

Pembelajaran yang saya dapatkan setelah memperlajari modul ini adalah bahwa setiap guru harus memiliki visi yang merupakan arah atau tujuan yang akan dicapai, Visi ini diturunkan ke dalam prakarsa perubahan yang kemudian di wujudkan melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJA. Saya memahami bagaimana saya melakukan kegiatan di kelas bersama anak dalam mewujudkan visi tersebut. Anak-anak juga semakin tertata dalam melakukan dan menyelesaikan  setiap kegiatan perubahan tersebut. Antusias dan bahagia nampak dari senyum dan gesture mereka. Mereka bangga dengan hasil karyanya.

Saya bertekad akan melakukan prakarsa-prakarsa perubahan sebagai pegangan atau alat dalam mewujudkan visi saya. Sebagaimana prakarsa perubahan saya kali ini "Meningkatkan kreativitas anak dalam menghasilkan karya",  saya akan mengajak rekan-rekan guru untuk mengikuti saya, membuat visi, menyusun prakarsa perubahan dan melakukan ejawantah/ aksi dari prakarsa-prakarsa perubahan yang telah disusun.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun