Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Terancam yang Menyehatkan

23 Juni 2021   16:03 Diperbarui: 29 Juni 2021   18:45 541 29 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terancam yang Menyehatkan
Ilustrasi penyajian sayur trancam. Foto: Sajian Sedap via Kompas.com

Indonesia sangat subur dengan berbagai tanaman sayuran dengan jenis beragam. Keragaman ini juga terlihat dengan sajian masakan yang dibuat oleh kaum ibu di seluruh Indonesia.

Berbagai masakan sayuran dibuat dengan berbagai teknik memasak. Ada yang membuat masakan dengan proses menumis, mengukus, menggoreng atau merebus.

Ada juga yang membuat masakan tanpa melalui proses tersebut alias masakan mentahan. Jenis masakan mentahan ini juga beragam jenisnya. Di daerah Pasundan Jawa Barat ada masakan yang namanya karedok. Karedok ini menggunakan bahan-bahan mentah, seperti kubis, kacang panjang, tauge, timun dan sambal kacang. Di daerah Jawa Tengah ada masakan yang diberi nama Terancam. Bahan dasar dari terancam ini terdiri dari sayuran mentah

Alasan Orang Menyukai Masakan Berbahan Sayuran Mentah

Ternyata orang yang menyenangi masakan berbahan sayuran mentah ini memiliki alasan sendiri.

  • Sayuran mentah ini memiliki rasa yang lebih segar.
  • Sayuran mentah memiliki kadar gizi, vitamin dan nutrisi yang lebih besar dibandingkan dengan sayuran yang direbus, dikukus atau pun ditumis. Sayuran yang telah mengalami proses pemanasan akan rusak dan berkurang nutrisinya.
  • Sayuran mentah dipercaya dapat mencegah penyakit kanker karena kandungan antioksidannya lebih tinggi. Dalam sayuran mentah pun ada kandungan enzim yang membantu mencegah penyakit kanker.
  • Sayuran mentah dapat membantu diet. Serat dalam sayuran mentah tidak mengalami kerusakan sehingga kandungannya lebih tinggi.
  • Sayuran mentah memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat memelihara pencernaan.
  • Sayuran mentah sangat efisien dan praktis karena tidak membutuhkan proses yang lama.

Hal-Hal Yang harus Dilakukan saat Mengolah sayuran Mentah

  • Pilihlah sayuran yang benar-benar baik dan masih segar. Cara pertama memilih sayuran yang segar dan baik adalah dengan melihat warna sayuran. Warna sayuran berwarna hijau. Sayuran tidak layu atau berbau busuk.
  • Lebih baik memilih sayuran organik agar dapat terhindar dari pestisida yang melekat dalam sayuran. Banub kita tidak tahu apakah sayuran tersebut menggunakan pestisida atau tidak. Ada beberapa cara untuk melihat sayuran yang kita beli mengandung pestisida atau tidak, yaitu: daun yang tidak menggunakan pestisida biasanya bolong karena ulat, warnanya natural dan tidak kinclong,
  • Kita harus mencuci sayuran mentah berulang kali dengan menggunakan air yang mengalir. Hal itu dilakukan agar kita yakin kandungan pestisida dalam sayur hilang. Kandungan pestisida dalam sayuran dapat menyebabkan penyakit.

Nah sekarang saya akan memberikan salah satu ressep yang berbahan dasar sayuran mentah. Nama masakannya Terancam. Masakan ini biasanya saya temukan saat pulang kampung ke tempat mertua saya di kota Solo. Biasanya Terancam ini menemani ikan bakar dan tempe bacem.

Kalau di Jawa Barat ada makanan sejenis namanya Urap. Yang membedakan urap dimasak dengan cara dikukus sayurannya sedangkan terancam dibuat dengan bahan dasar sayuran mentah.

cookpad.com
cookpad.com

Resep Terancam

Bahan yang dibutuhkan:

Daun kenikir secukupnya

1 ikat kemangi (ambil daunnya saja)

1 buah mentimun (kecil aja potong dadu)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN