Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Tips Merawat Baju Brokat

11 Juni 2021   19:41 Diperbarui: 11 Juni 2021   20:02 342 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Merawat Baju Brokat
sumber gambar: BahanKain.com

Brokat adalah sejenis kain yang sering digunakan oleh kaum wanita Indonesia. Jenis kain ini biasa dibuat busana kebaya atau pun di desain menjadi gaun pesta. Gaun pesta dari kain brokat biasanya dimodifikasi dengan bahan lain. 

Kain brokat ini adalah jenis kain tenun sehingga sangat rentan. Jadi kita harus tahu tips mencuci dan merawat kain brokat. Tips ini akan memberikan arahan agar baju yang berbusana kain brokat ini akan awet. Tipsnya sangat mudah diikuti kok. Tapi sebelumnya, kita simak dulu sejarah dari kain brokat itu ya.

Konon brokat ini berasal dari Cina. Kain ini dibuat sejak tahun 1766 SM pada masa Dinasti Shang. Bangsa Eropa mulai mengenal jenis kain ini pada abad 15 dan abad 16. Pada masa itu kain brokat digunakan untuk membuat gaun khusus pesta.

Gaun berkain brokat / Sumber: shopee.co.id/tismaelvi
Gaun berkain brokat / Sumber: shopee.co.id/tismaelvi
Pada zaman dulu kain brokat ini memiliki motif yang bermacam-macam, antara lain: motif bunga, motif binatang, dan motif tanaman. Kain ini kaya akan dekorasi yang menambah kesan indah pada kain ini.

Brokat atau "brocade" (bahasa Inggris), "broccato" (Italia) memiliki makna kain yang terkesan timbul. Kain ini sekarang menjadi tren untuk para kaum wanita Indonesia untuk dijadikan berbagai macam busana, seperti kebaya dan gaun pesta.

Karena sifat kain brokat ini sangat lembut, membuat kain ini sangat rentan dan membutuhkan perawatan khusus.

Cara merawat baju brokat:

  1. Kain brokat ini sebaiknya dicuci dengan tangan.
  2. Rendam baju brokat dalam air biarkan selama 10 menit dan tidak perlu dikucek. Jika ada noda pada baju, kita bisa mengoleskan air jeruk kepada kain yang terkena noda.
  3. Kemudian rendam baju dalam larutan deterjen. Kita harus memilih deterjen yang lembut dan tidak membuat rusak kain. Diamkan sesaat.
  4. Setelah direndam, kita kucek baju brokat itu dengan lembut.
  5. Langkah selanjutnya adalah membilas baju brokat dengan air. Ulangi beberapa kali dan tidak perlu diperas.
  6. Selanjutnya jemurlah baju brokat itu dan tidak perlu menjemur langsung di bawah sinar matahari. Untuk mengeringkan cukup diangin-anginkan saja.
  7. Setelah baju kering, silakan lipat dengan rapi. Kain brokat tidak perlu disetrika agar tekstur kain tidak berubah.

Itu beberapa tips mudah yang dapat dipraktikkan langsung oleh Anda. Semoga tips ini dapat membuat baju brokat Anda awet dan terawat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN