Mohon tunggu...
Irvan Ulvatur Rohman
Irvan Ulvatur Rohman Mohon Tunggu... Lainnya - Irvan Ulvatur Rohman

Irvan Ulvatur Rohman Menakar Paradigma Official

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Tips Selalu Berpikir Positif untuk Meningkatkan Kebahagiaan, Simak

1 Mei 2024   17:48 Diperbarui: 1 Mei 2024   18:05 1678
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber : istockphoto

Setiap orang memiliki tujuan yang sama dalam hidupnya, yakni mencapai kebahagiaan. Pada dasarnya kebahagiaan mampu membawa seseorang untuk lebih menghargai hidupnya. Salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar pada tingkat kebahagiaan seseorang yaitu dengan berpikir positif.

Permasalahannya, banyak di antara kita yang sering berpikir negatif terhadap segala hal dalam hidup ini. Padahal, hal tersebut malah akan menyebabkan kebahagiaan kita semakin terenggut.

Berdasarkan persoalan di atas dalam artikel kali ini, saya akan membagikan terkait dengan lima tips untuk selalu berpikir positif dalam kehidupan kamu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Fokus pada Hal-hal yang Baik 

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan fokus pada hal -- hal yang baik. Cobalah untuk selalu berpikir positif terhadap segala situasi yang tengah kamu hadapi. Meskipun terkadang situasi tersebut sulit untuk kamu hadapi.

Contohnya adalah ketika tengah bekerja, kemudian atasan kamu merasa tidak puas atas kinerja yang sudah dilakukan. Pada kondisi seperti ini, jangan pernah sekali-kali untuk berpikir negatif. Hal ini malah akan membawamu pada masalah-masalah lainnya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengevaluasi apa sebenarnya yang kurang. Kemudian mengambil tindakan dengan langkah-langkah perbaikan.  

Fokus pada hal -- hal yang baik akan menjauhkanmu dari pola pikir negatif yang sangat buruk dampaknya. Sehingga, kamu dapat lebih fokus terhadap upaya-upaya untuk meningkatkan dirimu, tentu dengan selalu menanamkan pemikiran yang positif.

2. Lupakan yang Sudah Terjadi

Terkadang, kita sulit untuk melupakan peristiwa yang sudah terjadi dalam hidup. Padahal hal ini dapat memberikan dampak yang tidak baik. Kamu harus mulai belajar untuk melupakan segala hal yang telah terjadi.

Caranya yakni kamu harus fokus dengan masa sekarang serta rencana di masa yang akan datang. Melalui langkah ini, kamu dapat meningkatkan diri secara lebih baik. Sehingga, peristiwa-peristiwa yang telah terjadi tidak akan terulang lagi.

Rutinlah untuk selalu mengevaluasi diri kamu, contohnya ketika kamu mendapatkan teguran dari atasan di tempat kerja karena sebuah kesalahan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah melupakan kejadian tersebut serta memperbaiki diri untuk tidak mengulanginya.

3. Belajar Bersyukur 

Bersyukur merupakan cara ampuh yang dapat mengusir pikiran-pikiran negatif dalam diri kamu. Belajarlah untuk senantiasa bersyukur terhadap apa yang sudah kamu capai. Jangan pernah mencoba untuk membanding-bandingkan diri dengan orang lain dalam hal apapun itu. Teruslah fokus pada diri kamu sendiri dengan cara meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Hal ini dapat semakin menumbuhkan pemikiran positif dalam diri kamu.

4. Mencatat Kebahagiaan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun