Mohon tunggu...
Niken Anggraini
Niken Anggraini Mohon Tunggu... Wiraswasta - podcast: anchor.fm/saya-niken

Novel : Suweng Mbah Tukah (gratis di Fizzo), Numa Dan Benda Bertuah (gratis di Fizzo), Pangeran Gelatik (gratis di Fizzo), Dita dan Sena: Sang Penakluk (gratis di Fizzo), Berlabuh Di Sisimu (Kwikku), Oh My Beebu (Hinovel, Sago, Bakisah, Ceriaca), Diary Cinta Naelsa:Macaca (Hinovel, Bakisah, Ceriaca)

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Gulai Kacang Hijau

3 Oktober 2020   12:42 Diperbarui: 3 Oktober 2020   12:49 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa waktu yang lalu saat saya menonton tv, ada berita kulineran yang mengatakan di daerah Ampel Surabaya ada yang jual gulai kacang hijau. Saya jadi tertarik untuk memakannya.

Kemudian saya tanya ke ibu saya, apa ibu saya bisa membuatnya? Ibu saya mengatakan bisa.
Dan ibu saya pun akhirnya membuatnya. Biar makin gurih dan lezat, gulainya ditambahi dengan sedikit daging sapi.

Ibu saya juga membeli beberapa butir lontong sebagai tambahan.
Berikut resep gulai kacang hijau ala ibu saya.

Bahan:


Kacang hijau
Daging sapi
Santan
Cabe
Bawang merah
Bawang putih
Ketumbar
Merica
Jintan
Kunyit
Jahe
Kemiri
Cengkih
Kayu manis
Serai
Daun jeruk
Garam
Gula

Cara masak:


*    Sangrai ketumbar, jintan dan merica. Serta bakarlah kunyitnya.

*    Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe dan sangraian ketumbar, jintan, merica, kemiri, jahe, kunyit bakar dan garam.

*    Tumis bumbu tadi sampai harum dan masukan daun jeruk, serai, cengkih dan kayu manis. Kemudian masukan daging. Tambahkan air, masak hingga daging setengah matang.

*    Setelah daging setengah matang masukan kacang hijau. Rebus hingga kacang hijaunya pecah. Tambahkan gula. Setelah itu tuangkan santannya. Rebus sampai mendidih.

*    Koreksi rasa. Jika sudah sesuai selera, angkat. Siap disajikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun