Mohon tunggu...
Annisa Aryani
Annisa Aryani Mohon Tunggu... Lainnya - personal blog

stay curious, stay humble, stay awesome.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Jajan Hanya Bawa Smartphone? Bisa Kok!

10 Desember 2018   23:26 Diperbarui: 10 Desember 2018   23:43 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keinginan untuk jajan atau belanja di zaman yang serba online ini memang agak sulit dibendung ketika kita memiliki akses ke rekening menggunakan dompet elektronik. Sudah banyak sekali jenis dompet elektronik yang tersedia untuk bisa digunakan oleh masyarakat. 

Salah satunya Sakuku. Awalnya, saya merasa untuk apalagi pakai Sakuku sementara saya sudah memiliki akses ke Klik BCA dan juga BCA Mobile. Toh keduanya merupakan akses langsung ke rekening yang saya miliki di BCA.

  • Tak Kenal Maka Tak Sayang

Istilah tak kenal maka tak sayang ini ternyata benar dan juga berlaku untuk sakuku ini. Setelah penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store yang ada di smartphone saya. Perlahan-lahan saya mencoba membaca syarat dan ketentuan dalam memiliki aplikasi ini. Sambil bergumam dalam hati "Hmm, sepertinya menarik juga". Akhirnya saya mulai mendaftarkan data diri pada aplikasi ini.

  • Registrasi yang Mudah

Layaknya ketika mengunduh aplikasi baru di smartphone yang kita miliki, registrasi pada aplikasi ini sangat mudah. Cukup dengan melengkapi data yang dibutuhkan seperti alamat email, tanggal lahir, nomor telepon dan berbagai informasi standar lainnya. Dan menariknya lagi, yang belum memiliki tabungan BCA pun bisa mendaftarkan diri dalam aplikasi Sakuku ini. 

  • Beli Pulsa Tanpa Biaya Tambahan

Salah satu hal yang rutin saya lakukan pada Klik BCA atau Aplikasi BCA Mobile adalah membeli pulsa. Biasanya kalau sedang buru-buru saya membeli pulsa melalui BCA Mobile karena untuk verifikasi transaksi tidak perlu berulang seperti pada Klik BCA. Ketika saya melihat ada fitur isi pulsa di sini tentu saya langsung ingin mencobanya. Dan, pada saat mencoba membeli pulsa melalui Sakuku, ternyata jumlah yang dipotong dari saldo sesuai dengan nominal pulsa yang dipilih. Padahal kalau beli melalui BCA Mobile ada biaya tambahannya. (yeay, gak mau rugi walaupun hanya Rp. 1.500..hehe)

dokpri
dokpri
  • Transaksi Di Merchant

Beberapa hari setelah registrasi Sakuku, saya pergi ke Mall bersama teman-teman saya. Kemudian kami berkumpul di suatu tempat makan yang sudah ditentukan. Kebetulan, saya tiba paling terakhir jadi saya pun memesan makanan paling terakhir. Di tempat makan ini memiliki sistem pesan, bayar di kasir kemudian makanan akan diantarkan ke tempat kami duduk. 

Saat memesan, saya melihat ada label sakuku di mesin kasir tersebut. Akhirnya saya mencoba bertanya kepada Mba Penjaga Kasir tersebut "Mba, bisa bayar pakai sakuku?"Sambil mencoba membuka aplikasi Sakuku dan mencari tahu apa yang harus saya lakukan kalau membayar melalui aplikasi sakuku. Mba Penjaga Kasir mengatakan "bisa." 

Lalu dia mulai memasukkan total nominal pesanan saya kemudian muncul QR kode untuk saya bayarkan melalui Sakuku. Beruntungnya saya pada saat itu adalah ada promo apabila membayar melalui aplikasi Sakuku, maka akan ada potongan harga sebesar 20% (kalau tidak salah). Dan, saya mendapatkan potongan harga tersebut pada saat membayarnya (yippie yeayy). Baru kali ini saya merasa buat apa keluarin uang cash kalau bisa #DibikinSimpel hanya menggunakan aplikasi.

  • Transfer Secara Berkala

Ada menu yang sangat menguntungkan untuk saya secara pribadi dalam penggunaan BCA Mobile X Sakuku. Jadi, dalam BCA Mobile itu ada menu transfer ke Sakuku yang jangka waktunya bisa saya tentukan. Misalnya, saya mau transfer Rp 100.000 setiap tanggal 1, kemudian saya bisa menentukan sampai berapa lama nominal sebesar Rp. 100.000 tersebut ditransfer ke nomor sakuku yang saya miliki. 

Hal ini tentunya bisa membuat saya yang cukup boros ketika melihat diskon di Aplikasi Market Place ini menjadi lebih disiplin dan cenderung dipaksa untuk menabung. Sehingga nabung  aman, belanja pun terkendali.

  • Banyak Fitur Menarik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun