Mohon tunggu...
Achsinul Arfin
Achsinul Arfin Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Seorang yang suka membaca, menganalisa, lalu menulis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Sikap Menghargai dan Rendah Hati

11 Januari 2019   21:08 Diperbarui: 11 Januari 2019   21:18 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Sikap Menghargai dan Rendah Hati
shutterstock

Mengakses pemberitaan atau melihat berita dari segi lain juga di perlukan. Seperti yang kita ketahu bersama-sama, ketika seseorang hanya melihat dari sudut pandang satu arah saja, maka pemikirannya akan menjadi sempit, sering menyalahkan orang lain dan juga hanya membenarkan tentang pendapat dirinya sendiri.

Itulah yang kadang kala menjadi salah satu fenomena di remaja. Ketika mereka memiliki sebuah pendapat selalu menyalahkan pihak yang berseberangan. Jika hal tersebut terjadi, tak jarang akan terjadi banyak perselisihan, baik dari prasangka sampai bentrok fisik.

Dulu, sayapun juga pernah menjadi sosok yang sangat egois, tidak menyukai seseorang yang mempunyai perbedaan pendapat dan selalu memandang dari sisi negatif teman-teman lain. Salah satu dampak buruknya kurang memiliki sifat humor dan selalu menggerutu dengan apa yang dilakukan orang-orang di sekitar, serta berperasangka buruk.

Akibatnya, selain saya yang menghindari orang-orang, mereka juga mulai menghindar satu persatu. Itu adalah salah satu titik yang tidak mengenakkan dalam hidup, banyak orang di samping saling berbagi canda tawa namun yang bisa dilakukan hanya diam saja.

Hingga akhirnya karena merasa sudah terlalu  jenuh saya pergi ke sebuah perpustakaan untuk sekedar mengurangi rasa jenuh. setelah  memilih dan membuka buku, tiba-tiba saya tertarik dengan sebuah buku motivasi yang membahas tentang perkembangan diri, lembar demi lembar mulai saya baca, dan disitu ada sebuah pembahasan yang cukup menarik, yang intinya, jika ingin di hargai orang lain, hargailah mereka.

Awalnya aku kurang percaya dengan materi tersebut, namun ketika mulai menerapkannya seolah hidupku mulai berubah secara perlahan-lahan, setidaknya dari segi pergaulan. Ketika saya menghargai seorang teman, murah senyum, serta menyimak apa yang mereka katakan, seseorang menjadi jauh lebih respek.

Mulai hari itu saya menganggap, bahwa menjadi pribadi yang santun dan juga rendah hati sangat diperlukan, bahkan secara tidak sadar sayapun juga dapat berfikir dengan berbagai sudut pandang terhadap pemikiran orang lain, serta menjadi pribadi yang lebih simpati.