Mohon tunggu...
NICO KRISTIANMENDROFA
NICO KRISTIANMENDROFA Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA MAGISTER ILMU HUKUM UNIVERSITAS JAMBI

HUKUM

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Sikesal sebagai Solusi untuk Menjawab Keluhan Masyarakat Kota Jambi

23 September 2022   08:24 Diperbarui: 23 September 2022   08:42 44 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Teknologi, satu kata yang sangat berperan penuh dalam perkembangan kehidupan manusia saat ini. Diera seperti saat ini mungkin hampir sebagian penduduk diseluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri pun sudah menikmati kemajuan teknologi. Berbicara tentang teknologi tidak akan terpisahkan dengan internet dan Gadget yang merupakan hasil dari teknologi itu sendiri.

Pada masa ini revolusi Industri 4.0 bukan hanya terjadi pada dunia industri semata melainkan juga pada instansi pemerintahan yang menerapkan teknologi demi pemenuhan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. Perubahan system permerintahan yang menuju kearah entrepreneurship merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang selama ini di anggap berbelit-belit dan terkesan lama menjadi pemerintahan yang scepat tanggap dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah diharapkan dapat menjawab seluruh kebutuhan masyarakat dengan memberikan layanan terbaik berbasis teknologi infoemasi. Berbagai inovasipun dikembangkan untuk bisa mempermudah segala bentuk pelayanan sehingga indeks kepuasan masyarakat dapat meningkatkan pesat.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasaan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Dengan demikian dapat diukur bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang di berikan oleh pemerintah dengan inovasi-inovasi yang telah diciptakan. Diharapkan inovasi yang di buat akan menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat yang di buat oleh pemerintah kota Jambi adalah SIKESAL (sistem informasi keluhan online masyarakat kota jambi). 

Aplikasi ini akan menjawab kebutuhan masyarakat kota Jambi yang melakukan pengaduan terhadap seluruh jenis layanan ataupun permasalahan lain yang terjadi di masyarakat yang memasng menjadi kewenangan pemerintah kota Jambi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebagai contoh ada tumpukan sampah yang belum dibersihkan maka masyarakat dapat memfoto dan menentukan titik lokasi beserta komentar terhadap hal tersebut maka laporan tersebut akan masuk ke dinas lingkungan hidup kota jambi ataupun ada kondisi jalan yang berlobang maka masyarakat dapat memfoto dan melaporkan ke dinas PUPR kota jambi. 

Di dalam aplikasi ini masyarakat akan mendapatkan notifikasi terkait  pengaduan tersebut sudah sampai kepada  organisasi perangkat daerah yang menangani masalah yang bersangkutan atau sudah ditindaklanjuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan pengaduan tersebut. Dan diberikan batasan waktu kepada OPD untuk menyelesaikan keluhan kepada masyarakat. Jika melewati batasan waktu yg di tentukan maka akan menjadi catatan buruk untuk OPD tersebut.

Dengan demikian kemajuan teknologi adalah salah satu cara yang sangat memungkinkan dapat digunakan untuk meningkatkan layanan pemerintah kepada masyarakat sehingga kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dapat meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan