Mohon tunggu...
Nia Janiar
Nia Janiar Mohon Tunggu... Penulis

Penulis lepas. Gemar mengunjungi pameran seni dan belajar zero waste. Kunjungi blog pribadi di www.niajaniar.com

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

5 Tips Menjaga Stamina di Bulan Puasa

7 Mei 2019   04:59 Diperbarui: 7 Mei 2019   05:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
5 Tips Menjaga Stamina di Bulan Puasa
Foto dari Ella Olsson/Unsplash

Awal puasa di bulan Ramadan biasanya cukup berat buat sebagian orang. Hal ini disebabkan tubuh mereka beradaptasi dengan rutinitas baru, yaitu bangun untuk sahur di dini haru dan menjalani hari tanpa makan dan minum selama 13 jam. Tidak sedikit orang yang merasa lemas di awal bulan puasa.

Anda bisa menjaga stamina di bulan puasa, yaitu dengan melakukan cara-cara seperti di bawah ini:

1. Banyak minum

Anda harus minum setidaknya 1,5 liter air atau setara 8 gelas setiap hari. Meski berpuasa, Anda tetap bisa melakukan ini. Minum satu gelas setelah bangun tidur, setelah sahur, setelah adzan magrib, setelah salat magrib, setelah makan, setelah salat isya, setelah salat tarawih, dan sebelum tidur.

Untuk menjaga hidrasi tubuh, hindari aktivitas berat di bawah sinar matahari. Hindari juga minum kopi dan teh karena ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Sama halnya dengan garam dan soda yang bisa membuat Anda semakin haus.

2. Makan buah

Kebutuhan vitamin akan meningkat saat puasa. Vitamin dasar yang diperlukan tubuh adalah C, D, dan E. Vitamin C dapat meningkatkan stamina, vitamin D membantu tubuh untuk menyerap mineral yang penting, dan vitamin E membuat kulit tetap lembab. Vitamin ini bisa didapatkan dari buah atau suplemen.

3. Rencanakan pola makan dengan baik

Hindari makan makanan berminyak karena ini bisa menyebabkan darah tersumbat dan mengurangi sirkulasi oksigen. Saat berbuka puasa, makan makanan manis dalam jumlah yang cukup untuk mengembalikan energi. Jika Anda memiliki masalah pada asam lambung, kurangi makanan pedas aau mengandung cuka dan lemak. 

4. Pastikan serat dan protein cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2