Mohon tunggu...
Ngudi Tjahjono
Ngudi Tjahjono Mohon Tunggu... Dosen - Menyukai menulis dan menggambar

NGUDI TJAHJONO. Lahir di Lumajang tanggal 22 Maret 1960. Bekerja sebagai dosen di Universitas Widyagama Malang. Menekuni bidang Transportasi, Ergonomi dan Lingkungan Hidup. Menulis dan melukis adalah kegemarannya. Menjadi motivator spiritual dan pengembangan sumberdaya manusia adalah panggilan hatinya.

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Alat Musik

2 Agustus 2022   16:55 Diperbarui: 2 Agustus 2022   17:01 200 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. ((Sumber))

Alat musik merupakan suatu alat atau benda yang dapat menghasilkan atau mengeluarkan suara yang khas yang jika dipadukan dengan alat--alat lain dapat menghasilkan musik yang indah dan mengandung keharmonisan (keselarasan) agar makna yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan pada pendengar. ((Sumber))

Dari definisi tersebut, maka sejatinya bukan terbatas pada alat-alat musik seperti yang secara umum kita kenal saat ini. Belakangan semakin banyak inovasi baru alat musik dari benda-benda yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Pipa paralon, panci aluminium dan alat-alat dapur lainnya, botol, gelas, air, daun, bambu dan bahkan mulut dan tangan pun bisa digunakan untuk bermain musik.

Jadi, benarlah kata definisi di atas, bahwa semua benda yang dapat menghasilkan suara bisa menghasilkan harmoni suara yang indah jika dipadukan dengan alat-alat lainnya.

Musik Kulintang dibuat dari bambu. Gelas yang diisi air dapat dijadikan alat musik yang indah hanya digesek dengan jari tangan kita. Juga, perangkat pengiring "patrol" untuk membangunkan orang Islam agar tidak terlambat makan sahur di bulan Ramadhan pun menggunakan peralatan apa adanya, termasuk alat-alat dapur. 

Stalaktit dan stalagmit di gua-gua kapur juga dapat menghasilkan nada-nada suara yang indah dan bisa diharmonikan sebagai musik yang indah.

Beatbox dan acapella merupakan seni musik yang menjadi trending saat ini. Keduanya merupakan seni musik yang tidak menggunakan alat atau instrumen musik apa pun. Melainkan mengedepankan keahlian seseorang dalam menciptakan suatu suara melalui mulut.

Pendeknya, semua benda dapat digunakan sebagai alat musik. Semuanya menghasilkan harmoni suara dan irama yang indah dan enak untuk didengar.

Ngudi Tjahjono, Malang (2 Agustus 2022)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan