Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gara-gara Nomor Punggung, Modric Bisa Pergi?

18 Juni 2019   22:17 Diperbarui: 18 Juni 2019   22:31 0 6 1 Mohon Tunggu...
Gara-gara Nomor Punggung, Modric Bisa Pergi?
Hazard vs Modric/sport.alpenews.al 

Dalam permainan sepak bola, skill mengolah bola dan menciptakan gol bukan satu-satunya hal yang diinginkan oleh para pemain. Seorang pemain memang akan berusaha menunjukkan skillnya untuk dikenal oleh fans sebagai identitasnya.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang selalu diperhatikan oleh pemain sebagai identitas untuk mudah dikenal atau lebih akrab dengan fansnya. Misalnya potongan rambut, warna rambut dan gaya berselebrasi.

Namun yang lebih unik dan menarik adalah penggunaan nomor punggung. Penggunaan nomor punggung sangat penting bagi seorang pesepakbola sebagai identitas yang melekat pada dirinya dan fansnya.

Untuk itu, pemilihan nomor punggung dilakukan secara tidak sembarang tetapi melalui sebuah analisa dan pemikiran yang matang sehingga nomor punggung tersebut memiliki arti atau makna yang penting.

Seringkali nomor punggung mengungkapkan naluri kehebatan seorang pesepakbola. Misalnya nomor punggung 7 di Manchester United yang dianggap keramat karena nomor punggung tersebut hanya digunakan oleh deretan pemain-pemain hebat seperti Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Di Real Madrid pun demikian, nomor punggung 7 juga dianggap sebagai nomor keramat karena pernah digunakan oleh nama-nama seperti Butagrueno, Raul Gonzalez dan Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain yang saya tidak sebutkan tetapi tidak kalah hebat dari ketiga pemain tersebut.

Dalam dunia sepakbola, nomor punggung yang sering dianggap nomor punggung hebat adalah nomor 7 karena mungkin sesuai dengan alasan yang sudah dipaparkan di atas. Nomor 8 juga demikian, dianggap keramat karena dipakai oleh pemain-pemain seperti Ricardo Kaka, Ozil, Kroos dan lain sebagainya.

Nomor punggung 10, dianggap sebagai salah satu nomor punggung yang keramat juga karena digunakan oleh Messi, James Rodriguez yang pernah menjadi top skor piala dunia dan Eden Hazard serta pemain lainnya.

Masih banyak yang tidak disebutkan satu persatu termasuk nomor punggung Neymar dan Bale dan sebagainya.

Polemik nomor punggung Hazard masih terus berlangsung hingga saat ini. Nomor punggung yang tersedia adalah nomor 13 tetapi dengan alasan identitas dan nama besar, Hazard menolak nomor tersebut.

Kemungkinan-kemungkinan lain adalah Hazard menggunakan nomor punggung 11 milik Gareth Bale jika pada akhirnya Bale berhasil dijual ke klub lain. Ini memiliki kemungkinan yang cukup besar karena akhir-akhir ini Bale dikaitkan dengan MU dan Bayern Munich.

Selain itu, ada kemungkinan Hazard menggunakan nomor punggung milik Cristiano Ronaldo yang sedang digunakan oleh Mariano Diaz yang masih memungkinkan untuk dijual atau dipinjamkan oleh club mengingat persaingan lini depan semakin sengit.

Hazard dikatakan meminta nomor punggung 10 yang selalu ia gunakan untuk Chelsea dan Timnas Belgia ditolak mentah-mentah oleh sang pemilik di Real Madrid, Luka Modric.

Kejadian ini mengingatkan saya pada momen Cristiano Ronaldo ke Real Madrid. Saat itu, Raul Gonzalez menggunakan nomor punggung 7 diminta oleh Cristiano Ronaldo yang merupakan pemain bernomor 7 di Manchester United dan Timnas Portugal.

Raul yang merupakan pangeran Real Madrid saat itu, menolak permintaan sang superstar secara mentah-mentah. Namun, Cristiano Ronaldo pun tidak ingin identitas nomor 7 yang dibentuk oleh sang guru Alex Ferguson di MU hilang.

Raul Gonzalez pun tidak ingin melepaskan nomor punggung itu sebagai identitasnya selagi ia masih berseragam Madrid. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang sulit bagi manajemen club, bagaimana pun keharmonisan pemain sangat penting.

Akhirnya, keputusan Real Madrid datang pada tahun 2010. Raul Gonzalez yang dianggap tak seproduktif Cristiano Ronaldo dijual ke Schalke demi kepentingan klub. Resmi, Ronaldo mengenakan nomor punggung 7.

Saat ini, yang dihadapi oleh Hazard adalah 4 nomor punggung yaitu, 13 yang sedang kosong, 7, 11 dan 10. Sesuai dengan penjelasan di atas, kemungkinan besar jika Hazard dipaksa harus memilih dengan syarat Modric, Mariano dan Bale masih mempertahankan nomor punggung mereka maka nomor 13 harus digunakan secara paksa oleh Hazard.

Akan tetapi, kemungkinan ini sangat kecil karena kekuatan Mariano Diaz untuk mempertahankan nomor punggung 7 yang masih lebih memiliki popularitas dibandingkan dengan nomor 13 sangat kecil sehingga mau tidak mau, Hazard akan cenderung memilih nomor punggung 7.

Selain itu, jika Bale yang dijual maka kemungkinan Hazard menggunakan nomor punggung 11 juga ada karena nomor ini masih dikategorikan lebih populer dibandingkan dengan 13.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah Hazard sangat mencintai nomor punggung 10? Jika ia, maka ia terpaksa harus menggunakan nomor punggung yang lain sehingga akan terjadi hal yang serupa seperti Cristiano Ronaldo dan Raul Gonzalez.

Mungkinkah Real Madrid berani menjual Luka Modric untuk kepentingan harmonisasi pemain? Jawabannya adalah mungkin ia karena Pogba sedang dikait-kaitkan dengan Real Madrid yang bisa menggantikan posisi Modric jika akhirnya klub menjual kapten Timnas Kroasia ini.

Menjual Raul Gonzalez yang merupakan lulusan akademi Madrid dan merupakan pangeran Real Madrid sangat bisa dilakukan oleh manajemen club apalagi Modric, bukan hal yang sulit bagi Madrid.

Mari kita menyimak!
Salam!!!

Referensi: Liputan6

VIDEO PILIHAN