Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kiat (Ibu Rumah Tangga) Menghafal Al Quran

25 Oktober 2021   13:06 Diperbarui: 25 Oktober 2021   13:11 191 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selama ini, yang sering kita lihat dan kita amati umumnya penghafal Alquran banyak dimonopoli kaum laki-laki. Lantas, apakah  perempuan bisa menjadi penghafal Alquran hebat, meski sekalipun berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau pekerja?

Kalau berkaca pada pengalaman ustadzah Endah Suryaningsih -- guru Rumah Tajwid Indonesia, jawaban atas pertanyaan itu, pasti bisa! Selama memang ada kemauan, semangat, motivasi, dan keyakinan, insyaa Allah diberi kemudahan.

"Kecintaan saya pada Alquran ketika saya masih kelas 3 SMP, yang pada saat itu bacaan saya belum benar, tapi tiba-tiba saja ada keinginan lebih dekat dengan Alquran setelah membaca arti-artinya, yang ternyata memang ini menjadi pegangan hidup kita," kisahnya.

Minggu (24/10/2021) malam, ia dihadirkan menjadi narasumber dalam "Bincang Santai Berbagi Kisah: Proses Ibu Rumah Tangga Menuju Hafidzah", secara virtual, yang diadakan Indonesian Muslim Society of America, IMSA - Sister. Organisasi nonprofit yang mewadahi muslimah Indonesia yang tinggal di Amerika dan Canada.

Ustadzah Endah melanjutkan, banyak hal yang menyentuh yang ia rasakan ketika bersama Alquran. Itu yang membuatnya memiliki ikatan cinta terpendam pada Alquran. Rasa cinta pada Alquran tanpa disadarinya diam-diam ditanamkan Allah ke dalam dirinya.

Oh iya, kecintaannya pada Alquran, juga dibuktikan saat ijab qabul ia hanya meminta mahar hapalan 30 juz dari suaminya. Baginya, ini adalah hadiah yang sangat bernilai, yang tidak bisa dinilai oleh materi apapun.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Seiring pertambahan usia dan pendidikan, suatu ketika, ia akhirnya bertemu dengan Ustadz Hartanto Saryono LC Al-Hafidz, Pendiri Pusat Pendidikan Al-Qur'an "Rumah Tajwid" pada 2008.

Awalnya, ia dan sahabatnya hanya ingin belajar Alquran, tidak terbersit menjadi seorang penghapal Alquran. Namun, dalam perjalanannya, ia malah didik untuk menghafal Alquran.

Allah pun memberinya kemudahan sehingga ia  menjadi hafidzah 30 juz dalam waktu 5 tahun. Saat itu, ia ditargetkan dalam 1 tahun mampu menghafal 7,5 juz. Ia pun diminta untuk mengajar di sana.

Baginya, ini menjadi pertanda bahwa Allah ridho atas apa yang dilakukannya. Ini adalah satu karunia Allah yang tiada tara bisa menghafal Alquran ketika dirinya sudah memiliki tiga anak yang waktu disibukkan dengan mengurus anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan