Mohon tunggu...
KKN UM KEBONAGUNG SQUAD
KKN UM KEBONAGUNG SQUAD Mohon Tunggu... Programmer - Groups KKN

Turi putih... turi putih... ditandung ning KEBONAGUNG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pelatihan dan Pendampingan Produksi Pupuk Bokashi oleh Mahasiswa KKN UM Bersama Gapoktan Desa Kebonagung

19 Juli 2021   20:58 Diperbarui: 19 Juli 2021   21:17 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelatihan dan Pendampingan Produksi Pupuk Bokashi oleh Mahasiswa KKN UM Bersama Gapoktan Desa Kebonagung
pelatihan pupuk bersama warga desa (dokpri)

Mayoritas penduduk desa kebonagung adalah seorang petani. Dalam upaya memaksimalkan hasil panen petani akan berusaha untuk menyuburkan lahan pertanian mereka. 

Salah satunya adalah memanfaatkan pupuk kompos Bokashi. Pupuk Bokashi adalah pupuk organik yang dihasilkan dari fermentasi kotoran-kotoran ternak dengan memanfaatkan bantuan starter mikroorganisme.

Bersama dengan Gapoktan desa Kebonagung, Kecamatan Mejayan Mahasiswa KKN UM 2021 melakukan pelatihan dan pendampingan kepada karang taruna desa setempat dalam pembuatan pupuk Bokashi. 

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman, pengetahuan dan kepekaan terhadap lingkungan bagi kaum muda dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia serta dalam upaya untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia dalam dunia pertanian. 

Selain itu, kegiatan seperti ini juga akan menimbulkan motivasi untuk pemuda-pemudi setempat untuk mengembangkan sebuah kewirausahaan atau lapangan pekerjaan baru di masa yang akan datang. 

Bapak Sadiman selaku ketua Gapoktan desa Kebonagung mengatakan "Dengan adanya usaha seperti ini, kita telah ikut serta menjaga stabilitas perekonomian dan juga mengurangi pengangguran di wilayah setempat. Disaat kita membeli kotoran ternak, si pemilik ternak mendapat untung, untuk mengangkut kotoran juga pastinya membutuhkan persewaan motor bak terbuka sekaligus pengemudinya, dan tentunya membutuhkan karyawan dalam pengolahan pupuk Bokashi tersebut."

Usaha dari Gapoktan desa Kebonagung yang mulai dirintis pada tahun 2015 ini telah meraih berbagai penghargaan dari pemerintah, diantaranya pada 2015 juara II tingkat Provinsi Jawa Timur dalam rangka Gerakan Memaksimalkan Kerjasama antara Anggota dan Pengurus, pada 2016 juara I tingkat Kabupaten Madiun dalam rangka Perencanaan dan Persediaan Sumber Energi di Bidang Pertanian, Juara I tingkat provinsi dalam rangka Analisis Nilai Tukar Mata Uang dalam Usaha Tani oleh Bank Indonesia pada 2019, dan masih banyak lagi. 

Pemasaran pupuk Bokashi ini pun sudah meluas di berbagai wilayah di Kabupaten Madiun, meliputi Kare, Gemarang, Dagangan, dan sekitarnya. Harga dari pupuk Bokashi ini pun juga terbilang cukup ramah, hanya dengan Rp. 26.000,- sudah mendapatkan 40 kg pupuk Bokashi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan