Mohon tunggu...
Nenden Rikma Dewi
Nenden Rikma Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - What you seek is seeking you. (Rumi)

wife, ex-lecturer of English Literature, freelancer, content writer, proofreader and academic consultant..

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Koneksi Internet dan Manusia Abad 21

25 Juli 2021   04:05 Diperbarui: 25 Juli 2021   04:33 97 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Koneksi Internet dan Manusia Abad 21
Ilustrasi penggunaan internet di beragam platform (Foto: Erik Lucatero via Unsplash)

Semua operator seluler menyebut dirinya sebagai penyedia jaringan internet terbaik dengan kecepatan "ngebut". Kualitas jaringan juga performa kecepatan download dan browsing menjadi dua variabel utamanya.

Seperti dilansir dalam laman tekno.kompas.com (27/02/21) , Telkomsel menduduki peringkat pertama sebagai operator seluler dengan performa terbaik. 

Telkomsel mengalahkan 4 provider lainnya pada kategori ini, namun kalah pada tingkat latensi yang sangat penting bagi para pemain game online serta success ratio yangmana Tri Indonesia menjadi peringkat satu.

Telkomsel mengungguli operator lainnya dengan angka download bitrate sebesar 8,26 Mbps. Upload bitrate nya mencapai 5,04 Mbps, browsing di 35,34 persen dan streaming di angka 62,87 persen. 

Alhasil tidak mengherankan Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler yang mengklaim memiliki jaringan kuat hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Bahkan masyarakat di daerah-daerah luar Pulau Jawa cenderung memilih Telkomsel karena alasan ini.

Tetapi sayangnya, secepat apapun broadband speed yang ditawarkan operator seluler ini, Indonesia masih berada di bawah Singapura, Malaysia dan Filipina dalam hal broadband speed dan mobile speed. Indonesia sendiri hanya memiliki broadband speed sebesar 22,35 Mbps dan mobile speed 16,7 Mbps.

Indonesia kalah dengan Singapura sebagai negara dengan koneksi internet tercepat di dunia yaitu 226,6 Mbps untuk broadband speed dan 60.52 Mbps untuk mobile speed. Setidaknya demikian menurut data dan grafik World Population Review di tahun 2021.

Lalu mengapa koneksi internet dan kecepatannya menjadi sangat penting di era kontemporer ini?

Tentu tidak dapat dinafikan setiap teknologi yang kita miliki saat ini terhubung dengan internet. Bahkan beberapa real estate menawarkan konsep smart home bagi para penghuninya. 

Salah satu contoh kecil saja dari bagian smart home yang bisa dimiliki semua orang adalah pengharum ruangan yang terkoneksi melalui Wifi.  Produk ini dijual dengan harga sangat terjangkau dan dapat disesuaikan pengaturannya dan dioperasikan melalui smartphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x