Nenden Maya
Nenden Maya Mohon Tunggu... -

Seorang ibu merangkap PNS, lagi pengen belajar nulis,untuk persiapan pensiun.

Sosbud

Oleh-oleh Lebaran dari Ujung Genteng, Sukabumi Selatan (bagian 1)

7 September 2011   04:27 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:10 347
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

[caption id="attachment_133309" align="alignright" width="300" caption="bangunan villa "][/caption] Ujung Genteng merupakan daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 kilometer dari Ibu Kota Jakarta atau 230 kilometer dari Kota Bandung. Waktu tempuhnya sekitar enam atau tujuh jam perjalanan bermobil. Lebaran hari kedua, kami memutuskan untuk berwisata ke Ujung Genteng Sukabumi Selatan. Sebuah daerah, yang dalam benak saya pastinya merupakan daerah yang terasing dan sangat jauh dari peradaban kota, namanya juga Ujung hehe. Kami mengambil jalur alternatif Pelabuhan Ratu yaitu melewati Cikidang, dengan maksud agar tidak terjebak kemacetan di sekitar Pasar Cibadak. Karena hari pertama, kami menempuh perjalanan sampai sekitar 8 jam, kami memutuskan untuk beristirahat di Cikidang Hunting Resort. Esok harinya kami melanjutkan perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 6 jam karena kami belum menguasai medan, sedangkan jalan menuju ke Ujung Genteng sangatlah mendaki dan berkelok. Tapi, pemandangan yang sangat indahlah yang membuat perjalanan kami tidak membosankan. Hari pertama kami menginap di Villa Amanda Ratu, di lokasi ini pemandangan yang kami temui sangat indah, dan membuat decak kagum terhadap sang Pencipta, dan bangga menjadi orang Jawa Barat, karena ternyata daerah kami juga punya tempat wisata yag tidak kalah indah dengan Bali atau Lombok, alhamdulillah. Villa Amanda ratu merupakan penginapan yang berlokasi sebelum pantai Ujung Genteng. Saat liburan, Villa ini selalu penuh pengunjung, meskipun harga yang ditawarkan relatif mahal (sekitar Rp 1.050.000/malam untuk villa berkamar 2) tapi saya agak kecewa, karena kebersihan dan fasilitas yang kurang terjaga. Sepertinya pihak pengelola agak keteteran dari segi pendanaan, karena tingkat hunian villa hanya penuh pada saat liburan panjang saja. Sangat disayangkan, padahal jika melihat lokasi, villa ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan. [caption id="attachment_133281" align="alignnone" width="300" caption="tanah lotnya amanda ratu"][/caption] [caption id="attachment_133304" align="alignleft" width="300" caption="taman alam di sekitar Villa Amanda Ratu"][/caption] [caption id="attachment_133306" align="alignleft" width="300" caption="batu karang di Villa Amanda Ratu"][/caption] [caption id="attachment_133307" align="alignright" width="300" caption="sisi lain pemandangan tanah lot amanda ratu"][/caption] [caption id="attachment_133283" align="alignleft" width="300" caption="villa amanda ratu"][/caption]