Mohon tunggu...
ndarikhaa
ndarikhaa Mohon Tunggu... menulis untuk bercerita

Peace Lover

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Belanja Online Lancar, J&T Siap Antar

25 Desember 2019   00:06 Diperbarui: 25 Desember 2019   00:03 31 0 0 Mohon Tunggu...
Belanja Online Lancar, J&T Siap Antar
gambar : lihatlagi.com

Handphone Anda memiliki jaringan internet? Anda memiliki akses paket data internet? Anda memiliki banyak kebutuhan untuk dibeli, namun memiliki segudang aktivitas? Belanja Online adalah pilihan paling cepat dan tepat. Hidup di Era Industri 4.0 saat ini, ketergantungan smartphone setiap individu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tidak dapat dipungkiri. Survei yang dilakukan Globalwebindex pada tahun 2014, baru sekitar 16% masyarakat yang melakukan pembelian secara online. Namun, siapa sangka hanya dalam selang waktu satu tahun, Simon Kahn, CMO Google Asia Pasific, mengatakan 67% dari pemilik smartphone di Indonesia berbelanja langsung di handphone (sumber : Kominfo).

Sejarah singkat J&T

Selanjutnya dapat dilihat, semakin berkembangnya transaksi belanja online, maka semakin berkembang bisnis pengiriman barang (yang dibeli oleh konsumen melalui belanja online). Meningkatnya transaksi belanja online sebagai sebuah peluang bisnis yang menjanjikan ditangkap oleh Jet Lee, sang pendiri perusahaan J&T. 

Berlatar belakang sulit dan lambannya pengiriman barang pada salah satu cabang perusahaan bisnisnya yang terkendala hari libur, Jet Lee mendirikan perusahaan logistik J&T pada September 2015. Dalam setahun, usaha keras J&T dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Pada saat itu  itu sudah memiliki 1.025 cabang di Indonesia, sepuluh ribu Sprinter (kurir), dan 1.000 unit mobil di seluruh Indonesia. Cepatnya perkembangan ini tidak lepas dari pengaruh founder J&T Express Jet Lee. 

Upaya yang dilakukan J&T untuk Konsumen

  1. Membangun afiliasi untuk mempercepat proses. Contohnya adalah dengan berafiliasi dengan Garuda Indonesia Cargo untuk jalur pengiriman udara. J&T Express juga menggandeng beberapa e-comerce besar di Indonesia yang dianggap dapat mendongkrak pengiriman J&T dan Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia) (sumber :https://marketeers.com ). Hal ini merupakan cara cerdas dan efisien dalam memperlancar proses pengiriman barang dan pengembangan transaksi.
  2. Membuat sistem informasi yang mudah diakses oleh milenial. Informasi J&T dapat dilihat pada instagram : jntexpressid, Youtube : JTExpressIndonesiaOfficial, twitter : jntexpressid, dan website : www.jet.co.id. Saya, sebagai pengguna internet, merasa sangat dipermudah dengan adanya official situs yang dikelola untuk mendapatkan informasi yang dikemas secara interaktif untuk pelanggan.
  3. Pengembangan Aplikasi J&T pada android dan iphone. Pada sistem aplikasi ini, saya sangat dipermudah mendapatkan informasi terkat : tempat terdekat untuk dropping barang, informasi tarif untuk pengiriman ke lokasi yang saya tuju berdasarkan besar dan berat barang yang akan dikirim.
  4. Hotline layanan 24 jam call center. Masih gaptek menggunakan android atau daerahmu minim sinyal internet? Eits jangan khawatir. Kamu bisa menghubungi  ke nomor 021-8066-1888. Dijamin apapun informasi yang dibutuhkan dan kapanpun, akan dilayani oleh petugas J&T demi kepuasan konsumen.
  5. Melakukan ekspansi pengiriman ke beberapa negara Asia Tenggara ke Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Singapura. Memiliki lebih dari 300 hingga 700 drop point di empat negara ASEAN tersebut.
  6. Memiliki 2.000 drop points dan 2.000 collection points. Serta 31.000 sumber daya manusia, 1.500 armada dan 72 gateway yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia (sumber : merdeka.com)

Pencapaian dan Penghargaan

Tidak heran, upaya kerja keras yang dilakukan J&T mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. 

J&T Express menerima penghargaan Pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Tras n Co Research dengan Bisnis.com di kategori Jasa Pengiriman Pertama Berbasis Teknologi yang Fokus Pada Bisnis E-commerce di Indonesia tahun 2017.

Perusahaan yang fokus pada pengiriman e-commerce di Indonesia, J&T Express meraih penghargaan bergengsi Top Brand Award 2018. Penghargaan pada kategori courier service berhasil diraih J&T Express. Dilansir dari Majalah marketing edisi Juli 2018, hasil survei menyatakan bahwa J&T Express sebagai salah satu merek yang mendapat predikat Top Brand dengan index 13,9%.

Mengulang sukses di tahun 2018, maka di tahun 2019 ini mendapat penghargaan Top Brand 201 dengan indeks 20,3 %, semakin meningkat dari tahun sebelumnya.

Saya, sebagai pengguna transaksi belanja online, sangat senang dengan adanya J&T di beberapa e-comerce, karena saya tidak khawatir paket saya akan terlambat karena terbentur hari libur. Memilih J&T sebagai ekspedisi yang tetap bertransaksi 365 hari dalam setahun, merupakan kenyamanan saya dalam bertransaksi online. Kalau ada yang cepat, kenapa mesti ditunda?

Selamat berbelanja online tanpa khawatir paket datang terlambat dengan J&T!

VIDEO PILIHAN