Mohon tunggu...
Nayla Wulan Sari
Nayla Wulan Sari Mohon Tunggu... Penulis

Nayla Wulan Sari

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pesona Mata Air Tuk Umbul di Desa Windusari

1 Juli 2020   02:14 Diperbarui: 1 Juli 2020   02:17 40 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Mata Air Tuk Umbul di Desa Windusari
Sumber foto : Borobudurnews.com

Tuk Umbul? Ada yang sudah mendengarnya dan sudah kesana? Atau ada yang baru saja mendengarnya mengenai Tuk Umbul?

Tuk Umbul memanglah cukup asing di telinga kalangan masyarakat luar Jawa Tengah. Tuk Umbul adalah mata air yang terdapat di Ngaropoh, Ngropoh, Umbulsari, Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Menurut masyarakat di Desa Windusari, Tuk Umbul adalah mata air yang keluar dari celah batu besar yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. 

Fenomena alam unik ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Jawa Tengah, tetapi adapun beberapa masyarakat dari pulau lain yang sudah mengetahui mata air Tuk Umbul ini. Sebagian orang berpendapat bahwa, mata air ini sangat jernih tanpa campuran lumpur ataupun pasir sedikit pun. Hebatnya lagi, debit pada air Tuk Umbul ini tidak pernah terpengaruh musim, baik musim hujan maupun musim kemarau debit air tetap sama.

Tidak hanya jernih dan bening, air Tuk Umbul juga sangat segar. Dapat diminum secara langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Untuk rasa segar air nya, tak kalah dengan rasa segar air mineral lainnya. Dalam sehari banyak masyarakat yang datang untuk mengambil air Tuk Umbul tersebut, dari sebuh hingga larut malam. Bahkan adapun warga yang berasal dari Boyolali datang ke Windusari hanya untuk mengambil air Tuk Umbul tersebut. Karena, mata air ini sudah terkenal di beberapa daerah dan juga terkenal akan khasiatnya.

Sumber Foto : Borobudurnews.com
Sumber Foto : Borobudurnews.com
Ada beberapa pendapat dari warga mengenai mata air Tuk Umbul :

1. Tuk umbul, mempunyai unsur magic dalam hal pengobatan, yaitu dapat mengobati macam - macam penyakit. Sering sekali dan banyak orang-orang dari daerah lain menyempatkan waktunya untuk ke Tuk Umbul untuk berobat.

2. Mata air Tuk Umbul juga membantu warga Windusari yang mengalami kekurangan air.

3. Air Tuk Umbul sangat tahan lama, walaupun sudah disimpan terlalu dalam dalam sebuah botol, air tersebut akan tetap terasa segar.

4. Air Tuk Umbul juga membantu warga Windusari untuk menyuci.

Begitulah beberapa pendapat dari warga yang mengunjungi mata air Tuk Umbul. Bagi yang belum mengetahui mata air ini, bisa banget langsung ke Desa Windusari, Jawa Tengah. Konon katanya, jika ada seseorang yang sulit menemukan jodoh, ketika ia mandi dengan air Tuk Umbul tersebut, maka jodoh nya ia akan semakin dipercepat untuk dipertemukannya.

VIDEO PILIHAN