Mohon tunggu...
Naya Maylla Faiza
Naya Maylla Faiza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/UIN Walisongo Semarang

enjoy the process^^

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tidak Hanya Perempuan, Ternyata Fisika Juga Butuh dan Bisa Dimengerti: Simak Caranya!

29 November 2022   10:25 Diperbarui: 30 November 2022   08:24 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.itb.ac.id/

Fisika mungkin menjadi pelajaran yang paling menyebalkan bagi kebanyakan pelajar untuk dipelajari apalagi betul-betul dipahami. Mereka beranggapan bahwa belajar fisika hanya selalu tentang rumus-rumus menakutkan yang harus dihafalkan. Anggapan tersebut ternyata berpengaruh dan membuat belajar fisika seolah terasa sangat berat dan seperti mustahil untuk dilakukan.

Tetapi, tahukah kamu? Faktanya fisika juga erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, seperti bisa membantu manusia untuk menjelajah alam semesta lebih jauh lagi. Hal tersebut akan sangat menguntungkan jika kita dapat memahami lebih dalam tentang fisika.

Selain perempuan yang butuh dimengerti, ternyata fisika juga butuh  itu lho.

Simak cara mudah yang bisa perlahan kamu praktikkan agar lebih mudah mengerti Fisika!

1. Ubah Perspektif Kamu

Salah satu faktor penting dalam pembelajaran fisika adalah guru, jika pada awalnya kita tidak menyukai guru kita dan kita menganggap fisika itu terlalu sulit, maka dari perspektif tadi akan membuat kita malas lho saat kita belajar fisika. Ubah cara pandangmu seperti ini : Fisika itu tidak sulit, hanya saja tidak mudah, tapi pasti bisa ditaklukkan. Ulangi mantra tersebut dan mulailah berpikir bahwa belajar fisika adalah tantangan, bukan sebagai beban.

2. Jangan Menghafal Rumus 

Saat mengerjakan soal fisika, tentu kita harus mengetahui  rumus dasarnya terlebih dahulu,  kemudian menerapkannya sesuai dengan soal. Namun, kamu mungkin tidak dapat menggunakan rumus yang kamu hafalkan saat kamu akan mengerjakan model soal lainnya. Karena tentu saja rumusnya berbeda. Itulah mengapa menghafalkan rumus dirasa kurang efektif apalagi pada fisika yang mempunyai banyak rumus.

3. Pahami Konsepnya 

Untuk memahami  konsep fisika kita harus sering berlatih. Misalnya dari mana asal rumus Ep=m.g.h berasal, dan juga rumus  lainnya. Ini dapat membantu kita menangani masalah lain, meskipun telah dimodifikasi. Karena kita memahami bagaimana menggunakan rumus  yang tepat untuk menyelesaikannya walaupun dengan soal yang berbeda, seperti transformasi vektor gaya, Fx = F cos a, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun