New Normal merupakan salah satu gaya hidup baru yang muncul dikibatkan oleh pandemi covid-19. New Normal merupakan salah satu poin yang disebutkan dalam WHO Indonesia Situation Report pada 10 Juni 2020 silam.Â
Ada beberapa siarat untuk menerapkan new normal dalam suatu negara, yaitu :
1. Negara harus mampu mengontrol penyebaran virus covid-19.
2. Memiliki kapasitas sistem kesehatan yang mencukupi serta mampu mendeteksi, menguji dan menangani setiap kasus.
3. Upaya pencegahan/ protokol kesehatan harus diterapkan ditempat beresiko tinggi seperti sekolah, rumah sakit, tempat kerja atau lingkungan ramai atau beresiko lainnya.
4. Masyarakat harus diedukasi mengenai protokol kesehatan dan new normal covid-19.
Dengan adanya new normal maka kegiatan kita sehari-hari harus terkontrol dengan baik, baik itu dari segi keuangan, kesehatan, pekerjaan maupun interaksi dengan masyarakat lain. Tanpa disadari kita telah melakukan manajemen dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun tidak semua orang memahami apa itu manajemen dengan baik.Â
Banyak orang beranggapan bahwa manajemen adalah sekedar menjadwalkan kegiatan kita sehari-hari bahkan ada yang menganggap bahwa manajemen itu adalah sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, sebelum menerapkan manajemen dalam kehidupan sehari hari kita perlu mengenal apa itu manajemen.Â
Berikut pengertian manajemen menurut para ahli:
George R. TerryÂ
"Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain."Â