Mohon tunggu...
Nasuston Saefatu
Nasuston Saefatu Mohon Tunggu... Guru - GURU PJOK/SMA NEGERI KUANFATU

Saya adalah seorang Guru pendiidkan jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Negeri Kuanfatu. Keseharian saya di lingkungan sekolah adalah mengemangkan potensi diri anak di bidang Olahraga terkhususnya Lari, Karate, Bola Voli dan Sepak Bola. Prestasi yang di dapat dari anak didik saya adalah menjuarai Olahraga yang mereka tekuni baik di tingkat kecamatan, Kaban bahkan di tingkat Provinsi. Dengan Kesempatan yang saya dapat dari Kompasiana maka saya akan mencoba memposting karya Ilma Populer saya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penggunaan Aplikasi Canva dalam Mata Pelajaran PJOK

4 Desember 2022   14:21 Diperbarui: 4 Desember 2022   14:38 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MATA PELAJARAN PJOK

NASUSTON O. SAEFATU, S. Pd

SMA NEGERI KUANFATU

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada peserta didik tingkat menegah atas, yang merupakan salah satu bagian dari pendidikan keseluruhan yang mengunakan aktifitas jasmani dan pembinaan hidup sehat untuk tumbuh dan perkembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selaras dan seimang (Depdiknas, 2016:131). Pembelajaran PJOK memiliki pradigma Bergerak untuk belajar” bila mana kita menganggap penjaskes itu adalah belajar untuk bergerak. Materi pelajaran pjok secara umum dapat di golongkan menjadi enam. yaitu: 1) Aktifitas Fisik/Kebugaran Jasmani. 2) Atletik. 3) Permainan Bola Besar dan Permainan Bola Kecil. 4). Aktifitas Senam. 5) Aktifitas Bela Diri. 6)Aktiftas Kesehatan. Perlu di jelaskan Aktifitas bela diri merupakan salah satu materi ajar dari keenam materi pembelajaran PJOK.

Menurut KBBI, bela diri adalah seni mempertahankan diri yang mengutamakan ketahanan dan kekuatan fisik, tersebar di seluruh dunia dengan teknik dan ciri khas masing-masing. Dalam buku Jago Beladiri (2020) oleh Muhamad Syahrial. Aktifitas bela diri adalah perpaduan aktivitas fisik dengan unsur seni, teknik membela diri, olahraga serta olah batin. Ada berbagai jenis bela diri yang saat ini berkembang. Beberapa di antaranya memang sudah ada sejak dahulu dan menjadi budaya turun-menurun. Jenis-jenis Aktifitas bela diri, seperti: Pencak Silat, Taekwondo,karate, kung Fu, Judo, Aikodo, Jijutsu dan lain lain.

Dalam proses pembelajaran PJOK materi  aktifitas Bela Diri  dalam penggunaan model pembelajaran menggunakan pedekatan Saintifik dengan model pembelajaran Projek Based Learning berupa media gambar yang menutut siswa harus dapat menyajikan  aktifitas bela diri namun kenyataannya media gambar kurang efetik dalam meyelesaikan tugas yang diberikan pada materi aktifitas bela diri. Sehingga saya selaku pendidik dengan mengubah Media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva.

Canva dimulai pada tahun 2017 tepatnya 01 januari,  didirikan oleh perusahaan Melanie Perkins, Penerbit Buku Ternama di Austaralia. Aplikasi Canva sendiri merupakan sebuah tools desain grafis yang dirancang untuk membantu penggunanya membuat berbagai desain keren dan kreatif, Menyediakan lebih dari delapan ribu template, bahkan dalam versi gratis maupu prabayar. Kemudahan dalam pengaplikasiannya Aplikasi canva juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan pemilihan Media Canva sebagai media pembelajaran Sebagai Contoh Pendidik melihat adanya antusias peserta didik dalam mengoprasikan aplikasi Canva di Adroid masing-masing. Aplikasi canva adalah Tools ajaib yang bisa peserta gunakan secara online melalui browser desktop atau download aplikasi mobile-nya melalui App atau Play Store. Canva  menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro). adapun kegunaan Canva untuk membuat presentase, membuat konten, mengerdit video, pendesain Poster, mendesain komik. mendesain kartu undanga dan lain (sumber. IDN. TIMES).

Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi canva. Pada Penggunaan Pembelajaran Menggunakan  aplikasi Canva dalam pembelajaraan PJOK, menarik untuk dibahas yaitu pertama, dampak dari revolusi industri 4.0 dimana peserta didik diarahan untuk memiliki penguasaan keterampilan baru, yang mana dilihat dari pengaruh serta keterkaitan dengan revolusi 4.0 yakni transformasi keseluruhan aspek melalui pengembangan teknologi dan internet sebagai tujuan. Kedua, sarana media pembelajaran dalam arti memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran praktis, praktis dalam hal penggunaannya, waktu, serta hasil yang bisa di dapat. Ketiga, literasi visual peserta didik dalam pembelajaran PJOK

Penggunaan aplikasi canva untuk siswa zaman sekarang tidak terlalu sukar, sehingga tidak mempersulit seorang pendidik dalam menyajikan materi melalui aplikasi canva. Penggunaan aplikasi canva bisa menggunakan Laptop dan Adroid. Dalam pembuat akun aplikasi mempunyai tahapan-tahapan sebagai beriktu : a) peserta didik diarahkan untuk mengunjungi situs www.canva.com. b) Pilih Sign up sesuai dengan keinginan peserta didik seperi: Email, Facebook, atau Google. c) Masukan nama lengkap, email dan password jika peserta didk sgn up dengan email. d) Jika Sign Up dengan Facebook atau Google maka lakukan authorize access. e) setelah terisi klik sign up dan peserta didik sudah mempunyai akun Canva.

Dalam Pemilihan desain menggunakan aplikasi canva,  pendidik perlu melihat kembali ujuan pembelajaran. yakni tujuan pembelajaran adalah siswa mampu menjelaskan hasil analisis dalam aktifitas bela diri  berupa Komik menggunakan aplikasi Canva, berikut ini adalah cara mendesain gambar menggunakan aplikasi canva.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun