Mohon tunggu...
Nanindya Filanti
Nanindya Filanti Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Permasalahan Terkait Pembelajaran IPS

23 Mei 2022   20:40 Diperbarui: 23 Mei 2022   20:50 608
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Permasalahan Terkait Pembelajaran IPS  Di Sekolah 

Ilmu pengetahuan sosial (IPS) kerap kali disebut dengan social studies dapat diartikan dengan " penelaahan atau kajian tentang masyarakat" sedangkan dalam hal ini guru dapat mengkaji melalui perspektif sosial seperti pengajaran sejarah,geografi,sosiologi, ekonomi, antropologi, politik pemerintahan dan aspek-aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai pembelajaran.

Sehingga bukan hanya mencangkup aspek teoritis namun juga aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala dan masalah sosial masyarakat yang mana bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang masing-masing. 

Hamalik mengungkapkan bahwa tujuan pembelajaran IPS adalah berorientasi terhadap tingkah laku  peserta didik yaitu: pengetahuan dan pemahaman, sikap hidup belajar, nilai-nilai sosial dan sikap serta keterampilan.

Pada era globalisasi ini, dunia telah banyak mengalami kemajuan utamanya pada bidang sains dan teknologi yang pada akhirnya berdampak terhadap kehidupan manusia baik positif maupun negatif. 

Untuk mengiringi kemajuan tersebut, masih banyak dari kita yang bergantung pada pendidikan untuk terus mengawal dan menjaga kehidupan sosial masyarakat yang terus berubah serta pendidikan juga bertugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan.

Melihat keadaan dan tuntutan zaman tersebut seharusnya pembelajaran IPS mulai membenahi diri mulai dari bergesernya tatanan epistomologi kearah pengembangan inovasi dan solusi bagi perkembangan IPS ke depannya. 

Yang mana hal ini akan lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS yakni : menyiapkan warga negara yang dapat membuat keputusan reflektif dan berpartispasi dengan sukses dalam kehidupan kewarganegaraan di lingkungan masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan diantara permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran IPPS diantaranya :

1. Pendekatan teacher centered

Pada pendekatan ini kebanyakan guru menggunakan metode ceramah sebagai pendukung pembelajaran IPS sehingga siswa hanya terpaku pada mendengar dan menyimak penjelasan  yang ada, guru menjadi pusat peran dalam pencapaian hasil belajar dan guru hanya menyampaikan informasi satu arah sehingga yang terjadi hanyalah transfer pengetahuan.

Out put yang dihasilkan dari pendekatan seperti ini tidak lebih menciptakan siswa yang kurang dalam apresiasi ilmu pengetahuan, takut berpendapat, tidak berani mencoba dan akhirnya menjadi pelajaran yang pasif dan miskin kreativitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun