Mohon tunggu...
Nanda Nuriyana SSiTMKM
Nanda Nuriyana SSiTMKM Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Praktisi dan Akademisi

BERTUGAS DI RUMAH SAKIT dr FAUZIAH BIREUEN BAGIAN KONSELOR HIV AIDS

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

7 Kiat Mempertahankan Kualitas Hidup pada Wanita di Masa Menopause

3 Desember 2022   17:38 Diperbarui: 5 Desember 2022   01:30 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi wanita yang sudah mengalami menopause di usia senja. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Tua bukanlah pilihan, menjadi tua itu takdir yang tak dapat terelakkan. Demikian halnya kualitas di masa tua merupakan bonus dari integritas percaya diri, relatif ukurannya. Kecantikan tumbuh berkat kebaikan, kekuatan dari dalam diri, inner beauty muncul setiap kali kita merasakannya.

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45–55 tahun. Seorang wanita bisa dikatakan sudah menopause bila tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Demikian pernyataan ini dilansir oleh penulis dari laman alodokter.

Menjelang usia lima puluh tahun (Jelita) banyak wanita mulai mengeluh tentang permasalahan yang timbul akibat proses penuaannya. Salah satu fase klimakterium, yaitu terdapat penurunan hormon estrogen yang berpengaruh dalam hal kesuburan, elastisitas kulit dan gairah seks. 

Demikian fungsi hormon reproduksi pada wanita, artinya produksi hormon estrogen yang terhenti erat kaitannya terhadap kualitas hidup pada saat menopause. Oleh karenanya, hormon estrogen turut andil pada pemeliharaan organ vital wanita terutama kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Wanita pada usia 45- 49 tahun sudah memasuki pre-menopause dan menopause dengan gejala bermain psikis seperti mudah sensitif (bad mood), keringatan berlebih, keropos tulang, jantung berdebar, kuping terasa panas, haid sudah jarang datang bahkan terhenti sama sekali dan berbagai keluhan lainnya. Kendati pun menginjak usia 50 tahun wanita harus lebih proaktif menjaga kebugaran dan merawat diri dengan beberapa alternatif yang di kondisikan sesuai kebutuhan dan budget memadai.

Demikian juga, banyak kaum perempuan merasa takut menjadi tua, merasa tak cantik lagi, tak dihargai dan diremehkan oleh pasangan serta kehilangan pencapaian diri di masa muda mendominasi konflik batin disertai anxiety disorder pada wanita umumnya.

Stop!!! Hal itu tak boleh lagi terjadi di masa kekinian.

Berbagi pengalaman dengan senior lainnya, membaca informasi artikel terkait, cenderung membantu memotivasi diri agar memiliki hidup berkualitas di usia 50 tahun, ada  beberapa kata-kata motivasi dari penulis, untuk menguatkan pembaca. "Setiap detik menghembuskan nafas kebaikan, sebaik-baik manusia yang bermanfaat pada kehidupan lainnya. Tanpa disadari kebaikan itu akan menolong dirimu sendiri." 

Penulis akan merangkum tujuh kiat mempertahankan kualitas hidup pada wanita di masa menopause. Adapun kiat-kiat tersebut akan penulis bagikan di dalam artikel ini sebagai berikut:

1. Mengikuti pola hidup sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun