Mohon tunggu...
Nanda Nuriyana SSiTMKM
Nanda Nuriyana SSiTMKM Mohon Tunggu... Praktisi dan Akademisi

BERTUGAS DI RUMAH SAKIT dr FAUZIAH BIREUEN BAGIAN KONSELOR HIV AIDS

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Sikap dan Perilaku Anti Koruptif pada ASN

24 Juni 2021   08:15 Diperbarui: 24 Juni 2021   08:37 74 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sikap dan Perilaku Anti Koruptif pada ASN
pexels.com/monstera

Aparatur sipil negara (ASN) identik dengan mengemban tugas demi kepentingan orang banyak. Tak jarang dalam beraktivitas, pihak ASN kerap melakukan pelanggaran bahkan menjadi tertangkap tangan. 

Namun, terkadang citra ASN sebagai panutan masyarakat di ambang kehancuran, oleh karena ulah sebagian oknum pelaku  penyimpangan dari tugas-tugas yang dipercayakan secara individu maupun team. Perilaku ASN tersebut sudah tidak bisa ditolerir lagi sampai mencemarkan reputasi pegawai pemerintah lainnya sebagai ancaman bagi bangsa dan negara. 

Lihat juga Undang Undang RI no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin ASN. Disebutkan bahwa perlu dibangun ASN yang memiliki integritas, profesional, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. 

Penulis sudah merangkum beberapa sikap dan perilaku ASN yang menjurus ke koruptif. Yuk, simak apa saja yang menjadi sikap dan perilaku koruptif tersebut. 

1. Tepat waktu

Mengatur waktu sangatlah penting bagi para ASN, adanya keterlambatan, mutlak berdampak  pada terhambatnya penyelesaian tugas. Datang dan pulang tepat waktu bagi seorang ASN merupakan langkah awal dalam menunjukkan sikap anti korupsi yang merugikan negara. Siapa saja yang suka telat datang ke kantor?

Ternyata, perilaku tersebut termasuk dalam tindak korupsi. Hal ini bisa mengindikasikan kamu ASN yang tidak berkarakter, apalagi jika mempunyai kebiasaan datang tidak on time.  Manajemen waktu seefektif dan efisien mungkin, tidak ada kata terlambat, berubah menjadi lebih baik. Ayo, mulai dari sekarang!

2. Menyelesaikan tugas dengan baik

Tanggung jawab terhadap amanat merupakan nilai plus bagi seorang ASN. Ketepatan waktu dan mutu pekerjaan adalah bentuk tanggung jawab dan loyalitas ASN terhadap bangsa dan negara. ASN yang memiliki tanggung jawab pastinya akan mengerjakan tugas- tugas dengan sempurna. 

Ingat, penilaian atasan bukan hanya sekadar dari hasil tugasmu saja, melainkan perilaku dan sikapmu dalam menyelesaikan tugas-tugas tak luput dari pengamatan dan evaluasi atasan. Hal ini menjadi titik poin penilain integritas dan loyalitas ASN. 

Ciri-ciri tugas yang diselesaikan dengan baik, adalah siap tepat waktu, proses pengerjaan menurut prosedur, sesuai dengan kebutuhan dan disepakati bersama oleh unit terkait .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN