Mohon tunggu...
Nana Marliana
Nana Marliana Mohon Tunggu... Administrasi - Administrasi

Membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gagasan Tertulis Kehidupan Sehari-hari di dalam Tinjauan Al-Quran

4 Desember 2022   00:00 Diperbarui: 4 Desember 2022   00:13 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum Wr. Wb..

Perkenalkan saya Nana Marliana saya lahir di pekanbaru pada tanggal 05 Mei 2003 saat ini berusia 19 tahun, asal kota Pekanbaru, saya merupakan lulusan dari SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru jurusab Administrasi Perkantoran saya rasa ini sejalan dengan jurusan yang saya ambil di perkulihan saya saat ini sedang dijalankan. Kegiatan sehari -- hari saya yaitu bekerja sambil berkuliah dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan, pekerjaan saya sehari -- hari yaitu dibagian administrasi kantor di suatu perusahaan swasta di pekanbaru yaitu PT. Yogura Tekindo, untuk jurusan yang saya ambil yaitu jurusan/prodi manajemen di Universitas Muhammadiyah Riau Pekanbaru. Memilih jurusan perkuliahan ini tentunya sudah di fikirkan dengan baik karena menurut saya memilih manajemen karena lingkup kerja yang luas juga dapat mengembangkan ide menjadi seorang pebisnis sukses dimasa yang akan datang.

Pilihan saya untuk bekerja sambil kuliah ini tentunya sudah saya fikirkan sejak saya duduk di bangku SMK dimana pada saat itu saya sangat optimis untuk bisa melakukan hal ini dikarenakan saya tidak mau untuk merepotkan orang tua saya untuk terus membiayai hidup saya. Beberapa orang bertanya apa kamu akan sanggup untuk menjalaninya? Jawaban saya selalu komitmen karena pasti akan bisa dilalui selagi kita bersyukur serta mempunyai niat yang baik untuk itu apa yang perlu diragukan dari proses ini. Walaupun proses ini cukup berat jika terus diratapi tapi saya yakin ini merupakan jalan menuju tujuan yang saya inginkan dimasa yang akan datang.

Pada saat dibangku SMK ada rasa pengen untuk cepat lulus dengan pemikiran merasa kehidupan setelah lulus itu akan santai, ternyata pada saat itu semua sudah terjadinya barulah kita kembali berfikir ternyata ini kehidupan yang benar -- benar harus kita jalani rintangan begitu rintangan terus berdatangan dan harus diselesaikan bukan hanya di diamkan, dari situlah kita akan muncul sifat kita yang tadinya semuanya membutuhkan bantuan orang untuk menyelesaikan masalah pribadi namun sekarang sudah bisa haus berfikir bagaimana cara menyelesaikan masalah sendiri dengan keputusan yang semuanya ada ditangan kita jika salah ambil keputusannya akan ada resiko yang ditanggung. Namun kondisi seperti ini yang membuat kita semakin dewasa dalam menghadapi hidup.

Rutinitas yang saya lakukan setiap hari mulai dari senin -- sabtu yaitu bangun di pagi hari mandi bersiap untuk kemudian sholat subuh -- membaca al qur'an lebih kurang 15 menit lanjut untuk bersiap untuk bekerja sebelum berangkat kerja tidak lupa untuk sarapan pagi lalu pergi ke tempat kerja (bekerja -- isoma -- bekerja -- sholat ashar -- bekerja) di sore hari kembali pulang kerumah lalu berkemas ( mandi -- makan) untuk melanjutkan untuk kuliah hingga malam hari.

Ini merupakan rutinitas yang saya lakukan setiap harinya, dan jika hari libur biasanya kegiatan saya lebih untuk istirahat dirumah, mengerjakan tugas" pendingan, membantu orang tua untuk beres -- beres rumah lalu menyempatkan untuk tidur siang dan seperti biasa untuk sholat 5 waktu tidakk ditinggalkan walaupun sesibuk apapun kegiatan.

Pada saat saya duduk dibangku SMK ada program magang yang diberikan oleh pihak sekolah dimana saya magang di salah satu bank di pekanbaru yaitu PT. Bank Riau Kepri magang dibagian admin dan pemasaran disana saya banyak belajar terkait dunia kerja sehingga menambah pengalaman saya di dunia pekerjaan sehingga untuk menghadapi dunia kerja nyata saya sudah memahami. Sehingga pada saat beberapa bulan saya tamat SMK alhamdullilah saya mendapatkan pekerjaan.

Semakin rasa ingin tahu kita masih ada pasti kita akan terus bisa mencari pengalaman yang banyak agar nantinya akan menjadi sebuah pengalaman yang membuat kita semakin tahu akan segala hal, karena setelah ditelaah dari beberapa kutipan kehidupan bahwa jatuh bangun itu hal yang biasa bagi kita yang terus mencari pengalaman yang banyak. Kesalahan yang terjadi/dilakukan itu merupakan sebuah pelajaran yang bisa kita ambil dan kita perbaiki untuk kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Semua hal terkait kehidupan yang kita jalani ini hanyalah sementara bagaimana yang telah dijelaskan dikutipan al -- qur'an bahwa sebelum kita dilahirkan didunia ini kita sudah melihat bayangan apa yang akan terjadi didalam kehidupan kita, itulah yang kita terima hingga kita sampai kepada titik sekarang karena sebenarnya emang ini alur cerita yang ditunjukkan ke kita pada saat kita belum dilahirkan didunia.

Jadi apa yang terjadi yang kita alami saat ini kita harus bersabar terus berdoa untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi karena semua hal itu dapat diselesaikan dengan cara yang baik dan sudah difikirkan dengan matang sebelum kita mengambil keputusan. Karena seperti yang saya bilang tadi bahwa semua keputusan ada ditangan kita jangan sampai merugikan diri kita maupun orang lain. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi itu membutuhkan proses yang panjang tidak ada yang instan semuanya itu ada rintangan yang harus dilalui bahkan diselesaikan dengan sebaik -- baiknya untuk bisa leluasa menjalani kehidupan yang begitu rumit. Kita merupakan harapan orang tua yang harus bisa membanggakan mereka ini merupakan bentuk rasa terimakasih karena kita sudah dibesarkan serta didik sampai dengan bisa sampai sekarang. Sebenarnya ini semua belum seberapa dari apa yang mereka rasakan selama ini namun pasti akan membuat mereka bahagia jika kita bisa mencapai kesuksesan.

Begitu banyak rintangan yang dihadapi pada saat melamar pekerjaan dengan tidak hanya melamar pekerjaan di satu tempat melainkan dibeberapa perusahaan bolak -- balik interview namun tidak ada panggilan kembali sangat membutuhkan kesabaran yang membuat diri selalu berdoa dan berdoa harus bersyukur atas rintangan yang dihadapi karena setiap rintangan pasti akan ada jalan keluarnya. Pelajaran yang dapat dipetik dari ini adalah kesabaran akan membawa hasil jadi terus lah berdoa, berusaha dan bertawakal kepada Allah swt. Karena semuanya pasti akan ada jalan keluarnya selagi kita bersungguh- sungguh dalam menjalani hal yang ingin kita capai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun