Mohon tunggu...
Nana
Nana Mohon Tunggu... Indonesia Negaraku

mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan | penikmatbudaya.id

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Menyemangati Diri untuk Mengurangi Sampah

22 Februari 2020   12:40 Diperbarui: 23 Februari 2020   05:26 254 29 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyemangati Diri untuk Mengurangi Sampah
Ilustrasi diet sampah plastik - (SHUTTERSTOCK/VIKKI ZU)

Selamat hari peduli sampah nasional :) 

Telat, sih ucapinnya, tapi ada keinginan dalam diri untuk menuliskan tentang peduli sampah.

Awalnya saya bukan tipe yang peduli sampah, boro peduli, saya pun bisa dikatakan pecinta plastik. Kalau belanja, mesti pakai plastik bawanya. Lumayan buat bungkus sampah di rumah. 

Keinginan untuk turut serta peduli sampah, atau peduli pada bumi, karena membaca tentang banjir yang terjadi awal tahun kemarin. 

Ternyata, bukan salah Anies saja dalam bekerja, namun memang tanah di Jakarta sudah kritis dan semakin rendah akibat penyedotan air tanah yang berlebihan, serta pemanasan global. 

Tidak Jakarta saja yang akan tenggelam, berdasarkan yang saya baca, Inggris, Venesia, China, dan sejumlah negara lainnya juga akan tenggelam. Wow!! 

Dari sana merembet juga ke beberapa bacaan, dimana bencana alam  yang kerap terjadi dibumi ini, dan beberapa penyakit yang timbul diakibatkan karena kita tidak merawat isi bumi, seperti penggunaan plastik yang berlebihan.

Kemudian kita juga banyak menikmati produk yang dihasilkan oleh pabrik yang limbahnya ternyata merusak lingkungan, penggunaan listrik dan bahan bakar yang tidak bijaksana, pengurangan lahan penghijauan dan masih banyak lagi. 

Ilustrasi peduli sampah | Foto Islaplagas
Ilustrasi peduli sampah | Foto Islaplagas
Dan tiba-tiba saya merasa bersalah sendiri, sebagai tim pecinta plastik dan pecinta produk-produk yang dihasilkan dari para plastik, serta sangat hobi berkendara motor, berarti saya lah yang secara tidak langsung telah membunuh korban bencana alam. Dan saya juga turut andil sebagai orang yang menciptakan bencana alam dimuka bumi ini.

O..OW!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x