Mohon tunggu...
Namira Aminatuzahra
Namira Aminatuzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030040)

Beginner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Belajar Move On dari Drakor "A Piece of Your Mind"

29 Juni 2021   15:20 Diperbarui: 29 Juni 2021   15:45 799 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.soompi.com/es/article/467986wpp/a-piece-of-your-mind-tendra-4-episodios-menos-de-los-anunciados

Drama A Piece of Your Mind tayang pada 23 Maret 2020 di saluran televisi kabel Korea Selatan, tvN.  Drama ini menceritakan tentang seorang programmer Artificial Intelegence, bernama Moon Ha Won yang diperankan oleh Jung Hae In, ia merupakan seorang programmer kecerdasan buatan yang mendirikan perusahaan M&H. Moon Ha Won memiliki kepribadian yang tenang dan jarang marah. Ia juga dikenal sebagai pria pekerja keras yang melakukan segala sesuatu dengan serius. Di lain sisi, Han Seo Woo yang diperankan oleh Chae Soo Bin merupakan seorang teknisi rekaman music klasik. Hidupnya tidak stabil, tanpa keluarga maupun rumah. Tetapi, dia adalah orang yang positif dan cerah terlepas dari masalah keluarga dan sosialnya

Di episode pertama penayangannya, drama ini hanys meraih rating sebesar 2,4 persen. Awalnya drama ini dijadwalkan tayang sebanyak 16 episode, tetapi karena peringkat dan ratingnya yang kian menurun tvN mengumumkan memangkas 4 episode sehingga hanya 12 episode yang disiarkan. Drama ini tak terbilang sukses karena tidak mampu bersaing dengan drama populer lain, seperti When Weather is Fine dan Nobody Knows. A Piece Of Your Mind menjadi drama berperingkat terendah dalam dua tahun untuk slot drama Senin-Selasa.

Drama A Piece of Your Mind mengangkat konsep logika dan pendekatan ilmiah yang juga bisa dijadikan sarana untuk mengerti apa itu cinta, di mana sebenarnya letak perasaan, dan bagaimana hati kita menjadi tergerak bahkan oleh hal-hal kecil sekalipun. Drama ini juga menyajikan jalan cerita yang tenang dan pelan, tetapi mungkin dianggap membosankan bagi sebagian orang. Sebagian penggemar K-drama mengaku kesulitan memahami jalan cerita dan pilihan sinematografi membuat mudah mengantuk.

Namun, meski drama ini mendapat strereotip yang kurang menyenangkan, bagi saya drama ini merupakan salah satu drama yang memiliki kesan tersendiri, tentu bikin baper dan susah move on. Bahkan, setelah menamatkan drama ini saya tidak bisa fokus menonton drama lain karena masih terbawa suasana di drama A Piece of Your Mind. Meski alurnya lambat, tetapi saya justru menikmatinya, alur cerita yang perlahan itu mampu menggambarkan proses pengembangan karakter setiap tokohnya dan mampu membius saya hanyut dalam alur cerita drama ini. keindahan sinematografinya dan inti emosional menjadi daya tarik tersendiri dari drama ini.

Salah satu yang membuat drama ini menarik adalah narasi teksnya yang berbeda dari drama kebanyakan, di mana komunikasi antar tokoh dalam drama ini menyelipkan percakapan-percakapan intens yang hangat dan menenangkan. Drama ini juga menyinggung mengenai perhitungan logika dalam memahami hati dan perasaan orang lain. A Piece of Your Mind juga mengajarkan bahwa cinta juga bisa datang dari hal-hal yang rumit.

Bagi Ha Won, memiliki orang dalam hidupnya di dunia sudah cukup. Dia tidak menuntut timbal balik bahkan jika itu membuatnya senang menerimanya. Begitu pun juga karakter Seo Woo, ia sama dengan Ha Won, memberi tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Saya salut dengan karakter mereka, karena terkadang saya sendiri  berekspektasi lebih terhadap orang lain saat saya sudah membantu mereka, jujur bagi saya sangat susah menerapkan prinsip seperti Ha Won dan Seo Woo.

Tak hanya dua tokoh utamanya saja, pemain pendukung di drama ini juga memiliki kisahnya masing-masing. Sosok-sosok di sekeliling Seo Woo dan Ha Won yang juga terhubung satu sama lain juga turut menarik perhatian. Interaksi antar tokohnya pun mampu memberikan ketenangan tersendiri bagi saya. Drama ini juga mengajarkan bahwa rasa kehilangan dan kesedihan dapat disembuhkan dengan komunikasi yang sehat dan dengan orang yang tepat. Kemampuan Ha Won dan Seo Woo untuk saling memahami dan menerima satu sama lain memunculkan kedamaian bagi saya. Karena suatu hal yang wajar bila kita butuh untuk mencurahkan perasaan emosional yang sedang kita alami. Cinta, dukungan, dan kenyamanan adalah paket komplit yang disajikan dalam drama ini.

Dari drama ini, membantu kita memahami bahwa sebetulnya kita tidak bisa mengendalikan atau menguasai seseorang. Kita tidak akan pernah tahu apa yang orang lain pikirkan dan rasakan, tetapi kita bisa memberikan kenyamanan dan kekuatan untuk mereka.

Drama A Piece of Your Mind juga mengajarkan tentang bagaimana cara berdamai dengan trauma atau luka di masa lalu dan bersiap untuk membuka lembaran baru. Setelah kehilangan, kita adalah bagian dari diri kita sendiri. Kita mencoba menemukan orang lain dalam potongan-potongan yang tersebar di seluruh dunia, mencoba memahami apa arti kehilangan. Tetapi, pada akhirnya kita hanya menemukan diri kita sendiri. Setelah menonton drama ini, saya menjadi paham bahwa sesungguhnya hidup akan terus berlanjut dan suatu saat nanti akan ada banyak jenis kehilangan. Kita akan bersedih lagi, kacau lagi, dan kemudian berhasil melewati fase-fase tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan