Mohon tunggu...
Namira Aminatuzahra
Namira Aminatuzahra Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030040)

Beginner

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Penting! Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Berencana Punya Anak

13 Maret 2021   22:41 Diperbarui: 13 Maret 2021   22:45 102 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting! Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Berencana Punya Anak
orchidsinternationalschool.com

Menikah lalu memiliki momongan merupakan impian bagi setiap pasangan . Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum berencana untuk memiliki anak. 

Bagi kalian pasangan yang baru saja menikah dan ingin tahu lebih detail mengenai apa saja hal yang perlu dijadikan perhatian sebelum memiliki momongan, mari simak ulasan di bawah ini.

Anak adalah amanah yang kehadirannya harus dipertanggungjawabkan oleh orang tua. Memang, memiliki anak merupakan hal yang dianggap normal bagi semua orang. Memiliki anak terlihat menyenangkan sekaligus menjadi pelengkap bagi sebuah keluarga. Ada baiknya sebagai orang tua harus memikirkan baik-baik sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang sebelum memiliki anak, berikut ulasannya:

 Diskusikan dengan pasanganmu kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak. Wanita cenderung menginginkan agar segera memiliki anak karena mereka khawatir mengenai resiko kehamilan bila sudah berusia di atas 35 tahun. 

Sedangkan pada pria, umumnya masih menginginkan untuk menikmati momen kebersamaan dengan istrinya. Komunikasi yang baik juga merupakan kunci dari kesiapan mental suami dan istri. Nah, ada baiknya untuk mendiskusikan ini agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman, yaa.

Jika sudah terjadi kesepakatan dengan pasanganmu, hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai finansial keluarga. Apakah kamu mampu untuk mencukupi kebutuhan anakmu nantinya? 

Penting untuk membahas mengenai kemampuan keuangan, karena kemungkinan besar ke depannya akan banyak keperluan dan biaya tak terduga yang harus kamu keluarkan, baik untuk kebutuhan ibu maupun kebutuhan anakmu. 

Seperti biaya konsultasi ke dokter, biaya persalinan, perlengkapan bayi, pendidikan untuk anak dan tentu masih banyak lagi. Memiliki keuangan yang stabil sangat penting jika ingin memiliki anak.

Jika kedua poin di atas sudah memenuhi, selanjutnya adalah bagaimana kondisi kesehatan kamu dan pasanganmu? Apakah kondisi mental dan fisik kalian juga baik? Penting untuk memastikan kesehatan fisik secara mental dan fisik jika ingin memiliki dan membesarkan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN