Mohon tunggu...
Nakita Sahallisa Noor Sabila
Nakita Sahallisa Noor Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030118

jangan baca chat mantan, baca artikelku saja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Selain Natal, Paskah Juga merupakan Hari Raya Umat Kristen, Ini Dia Makna Paskah yang Sesungguhnya!

1 April 2021   20:08 Diperbarui: 1 April 2021   20:16 360 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selain Natal, Paskah Juga merupakan Hari Raya Umat Kristen, Ini Dia Makna Paskah yang Sesungguhnya!
sumber : Tribun Medan - Tribunnews.com

kalian semua pasti tau kan tentang hari natal? ya benar, hari natal merupakan hari raya umat kristen yang jatuh pada tanggal 25 desember setiap tahunnya. kedatangan hari raya natal selalu disambut dengan meriah oleh semua pemeluknya. saat hari raya natal tiba, semua orang akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat meriah, mewah, dan indah. misalnya saja, kita akan banyak melihat lampu-lampu peri yang bersinar, kita akan melihat pohon natal dimana-dimana, dan melihat banyak orang yang merubah penampilannya menjadi mirip seperti sinterklas.

tak jarang juga, setiap kali hari natal tiba, semua orang yang merayakannya akan saling bertukar kado yang mereka siapkan, terlebih lagi bagi anak-anak yang sangat menunggu diberi hadiah oleh orang tua, kakak, paman, atau bahkan teman sebayanya. hari raya natal ini ternyata juga mempunyai simbol komersial loh. tidak hanya yang selama ini kita temukan dihari natal, seperti roti jahe, pohon natal, sinterklas, dll, tetapi hari natal juga sangat terkenal dengan lagunya yang berjudul "last christmas". 

tapi tanpa kita sadari, selain hari raya natal, ternyata masih ada hari raya lainnya yang selalu diperingati oleh umat kristen. kalian tau ngga hari raya apa yang dimaksud? nah betul, hari raya umat kristen selain natal yaitu hari raya paskah. apasih hari raya paskah itu? sepertinya hari raya yang satu ini tidak sebegitu populer seperti natal ya? tapi untuk mengetahui lebih lanjut tentang hari raya paskah, yuk kita simak penjelasan dibawah ini! 

paskah merupakan perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi kristen. bagi umat kristen, hari paskah ini adalah hari yang identik dengan yesus, yang mana oleh paulus disebut sebagai "anak domba paskah". sampai saat ini para jemaah kristiani mempercayai bahwa yesus disalibkan, mati, dan dikuburkan. setelah hari ketiga kematiannya, ia bangkit dari antara orang mati. mengapa paskah disebut perayaan terpenting?

karena hari raya paskah ini merupakan hari dimana memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup yesus, seperti yang sudah tercatat didalam keempat injil di perjanjian baru. perayaan ini juga dinamakan minggu paskah atau minggu kebangkitan. hari paskah ini biasanya dimaknai untuk merayakan kebangkitan sang tuhan, yaitu yesus kristus. makna paskah juga disebut-sebut sebagai kemenangan yesus kristus atas kematiannya. kebangkitan yesus merupakan kehidupan kekal yang diberikan pada semua umat yang percaya kepadanya. dan jika yesus tidak bangkit dari kematian, yesus akan dianggap sebagai guru atau nabi yang lain. 

bagi umat kristen, kebangkitan yesus menyangkal semua yang tidak benar dan memberikan bukti terakhir bahwa yesus adalah anak tuhan dan telah berhasil mengalahkan maut sekali untuk selamanya. perayaan-perayaan paskah inipun berbeda disetiap negaranya, misalkan saja di negara tetangga khususnya amerika serikat dan kanada, merayakan hari paskah ini dengan cara kebaktian di gereja, perjamuan keluarga, berburu telur paskah untuk anak-anak dan saling memberi hadiah untuk orang dewasa. 

dan kegiatan yang dilakukan khususnya di tradisi timur adalah doa, doa puasa, dan doa semalam suntuk. sedangkan pada tradisi protestan amerika serikat melakukan kebaktian subuh. paskah ini merupakan salah satu hari raya yang berubah-ubah tanggalnya, maka dari itu paskah juga sering disebut dengan perayaan yang berpindah. karena disesuaikan dengan hari tertentu dan bukan merupakan tanggal yang berada dalam kalender sipil. dan pada perayaan hari raya kristen yang lain tanggalnya disesuaikan dengan hari raya paskah tersebut. paskah biasanya digelar atau diperingati pada bulan antara bulan maret hingga awal april, atau bulan april hingga awal mei setiap tahunnya, tergantung pada silus bulan. 

nah, setekah kita mengetahui pengertian dari paskah, sekarang kita akan beralih pada makna paskah yang sesungguhnya. apasih makna paskah yang sesungguhnya itu? terdapat 7 makna paskah sesungguhnya, antara lain : 

1. paskah adalah penggenapan

alkitab perjanjian lama selalu menubuatkan tentang penderitaan, kematian, dan kebangkitan yesus. dan semua itu telah digenapi saat penderitaan, kematian, dan kebangkitan yesus. bagi orang yang mempercayainya, paskah merupakan penggenapan atas nubuat perjanjian lama tentang yesus yang menderita, mati, dan bangkit kembali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN