Mohon tunggu...
Naila AsmaZafirah
Naila AsmaZafirah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswi yang hobi membaca dan meringkas catatan materi pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingnya Self-Love

18 September 2022   16:24 Diperbarui: 18 September 2022   16:32 143 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata self-love?


Ya, kata yang kerap disebutkan akhir-akhir ini menjadi perbincangan di kalangan masyarakat luas, terutama di kalangan remaja dan dewasa.  Bagi kebanyakan orang, mungkin self-love ini merupakan tindakan yang egois, Namun kenyataannya, self-love merupakan cara seseorang untuk menghargai dan mengapresiasi  diri sendiri.  Dengan menghargai diri sendiri, maka artinya kita dapat menerima segala kekurangan yang ada pada diri kita.

Mencintai dan menghargai diri sendiri sangat penting dalam kehidupan.  Dengan mencintai diri sendiri, hidup kita akan merasa tenang dan selalu mengarah ke hal-hal yang positif.  Sebelum membahas lebih lanjut, anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari self-love.

Apa itu self-love?

Self-love merupakan suatu tindakan untuk mencintai dan menghargai diri sendiri.   Menurut Harshad (2022) self-love terhadap diri sendiri juga dapat dikenal sebagai sifat mementingkan diri yang utuh, lengkap, puas, benar dirimu yang sesungguhnya, atau istilah terkenal dalam 'pencerahan' rohani atau pembebasan.

Apakah self-love sangat penting di dalam kehidupan?


Tentu saja sangat penting.  Dengan mencintai dan mengapresiasi diri sendiri, maka hal itu otomatis akan membuat psikis kita memikirkan hal-hal yang positif.  Self-love sangatlah penting untuk kesehatan mental.

Hasil penelitian dari M Lykoudi, G Zouni, dan MM Tsogas (2022) bahwa mencintai diri sendiri adalah kebutuhan diri yang lebih tinggi dan konstruksi multi-item. Selain itu, hasil memperlihatkan bahwa orang-orang dari kebudayaan yang berbeda umumnya lebih tua, berpendidikan tinggi, berpendapatan bulanan tinggi, dan terutama orang lajang cenderung mengembangkan emosi cinta diri sendiri di tujuan dan sering mengunjunginya.

Bagaimanakah cara menerapkan self-love dalam kehidupan?


1.Bersyukur atas apa yang telah ada

Bersyukur merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Dengan menyukuri apa yang ada, maka kita dapat terhindar dari sifat mengeluh. Sebaiknya, kita bisa belajar untuk menerima diri sendiri. Karena, semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, di mana kita harus bisa menerima kekurangan yang kita miliki. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan