Mohon tunggu...
Nafisa Niami
Nafisa Niami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Me

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Relationship Skills: Hubungan Antara Guru dan Siswa

27 Desember 2021   11:37 Diperbarui: 27 Desember 2021   12:14 193 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CASEL mendefinisikan Relationship skill ( keterampilan hubungan ) ini sebagai kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan mendukung  untuk secara efektif menempatkan diri individu dengan kelompok yang beragam. Keterampilan hubungan terdengar seperti komunikasi yang jelas, menyelesaikan konflik, berbagi ide, memberikan dukungan atau membela orang lain. Keterampilan hubungan terlihat seperti kebaikan dan empati, kerja sama, kepemimpinan, menghindari tekanan teman sebaya yang negatif, dan membuat pilihan yang positif. Membangun hubungan dari berteman hingga bekerja dengan orang yang tidak dikenal adalah keterampilan yang penting. Ini juga bisa sulit karena ada banyak perbedaan,  ragam dan jenis hubungan yang kita alami.

Mengapa dalam membangun hubungan itu penting?

Coba pikirkan jenis hubungan yang Anda alami. Ada yang dekat, ada yang jauh. Ada yang mudah, ada yang tidak. Mereka bisa menyenangkan dan membangkitkan semangat sementara orang lain mungkin menjatuhkan Anda.

Melihat beragam jenis hubungan, tidak heran mengapa mereka kadang-kadang bisa sulit dalam berhubungan. Bagi orang yang lebih muda, itu bisa sama sulitnya karena mereka hanya mencari cara untuk berteman atau bergaul dengan orang lain. Mereka hanya belajar untuk melihat ke luar diri mereka sendiri dan mempertimbangkan perasaan dan perspektif orang lain.

Satu hal yang diinginkan anak-anak dan orang dewasa adalah pengalaman yang sehat dan positif dengan orang-orang. Inilah sebabnya mengapa keterampilan hubungan sangat penting. Ketika kita memiliki pengetahuan tentang bagaimana membentuk hubungan, berkomunikasi dengan orang lain, menghabiskan waktu kita dan berinvestasi pada orang lain, kita dapat mencapai pengalaman yang sehat dan positif itu.

Untuk sebagian besar manusia adalah makhluk sosial. Namun, menjadi sosial mungkin tidak datang secara alami untuk semua. Hubungan yang dekat membutuhkan hal-hal tertentu dari kita dibandingkan dengan hubungan yang jauh. Mengembangkan keterampilan sosial membantu kita mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana menjadi ketika kita bersama orang yang berbeda dan situasi yang berbeda.

Membangun hubungan ketika belajar atau ketika disekolah juga sangat penting. Menempatkan anak-anak bersama di sebuah ruangan sepanjang hari untuk bergaul sambil belajar bisa menjadi hal yang sulit, tetapi dengan instruksi dan latihan sosial emosional yang konsisten, itu menjadi lebih mudah.

Membangun Hubungan Bagi Siswa

Membangun hubungan penting untuk interaksi yang sehat dan positif. Dan mengembangkan keterampilan hubungan itu membantu kita mengetahui bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Membangun hubungan juga berfungsi sebagai dasar untuk memiliki lingkungan kelas yang positif dan sehat.  Bagaimana membangun hubungan dengan teman sekelasnya, berikut beberapa cara dalam membentuk suatu hubungan:

Kerja sama, Kerja kelompok begitu besar dalam belajar. Itu membutuhkan bergaul dengan orang lain. Membangun hubungan membuat proses itu berjalan lancar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan