"Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, untuk hari esok yang dimiliki oleh mereka yang mempersiapkannya hari ini." -Malcolm X, Aktivis Muslim AS
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang definisi belajar, sumber-sumber belajar dan masih banyak lagi,,,kenapa sih kita harus tau apa yang aku sebutin tadi, inget kata pak Malcolm diatas tadi pendidikan adalah paspor,, jadi jika kita tak kenal paspor kita itu maka harus tarruff dong ya.
Coba kalian bayangkan kalian belajar tapi kalian tidak tau apa saja yang ada di dalamnya, rugi gak sih,, nah untuk itu mari kita simak materi berikut....
Definisi sumber belajar
Sumber belajar adalah sesuatu yang harus ada dalam setiap pembelajaran. Intinya gini orang masak kan butuh bahan-bahannya tuh klo gak ada bahannya trus apa yang di masak,, nah itu cara sederhana kita untuk memahami sumber belajar
Jenis-jenis sumber belajar
Jenis-jenis sumber belajar antara lain :
- Â Pesan ini bisa berbentuk silabus, kurikulum atau sebagainya
- Orang ada 2 yaitu : guru dan murid/mahasiswa
- Bahan atau material
- Alat
- Teknik : cara guru menyampaikan pembelajarannya
- Latar
Nahhh kalo kita sudah tau sumbernya kaya apa , perlu tau juga nih pendekatan belajar dan model-modelnya,,
Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Istilah pendekatan berasal dari bahasa Inggris approach yang salah satu artinya adalah "Pendekatan". Pengertian pendekatan dapat diartikan cara memulai pembelajaran. Dan lebih luas lagi, pendekatan berarti seperangkat asumsi mengenai cara belajar-mengajar. Pendekatan merupakan titik awal dalam memandang sesuatu, suatu filsafat, atau keyakinan yang kadang kala sulit membuktikannya. Pendekatan ini bersifat aksiomatis. Aksiomatis artinya bahwa kebenaran teori yang digunakan tidak dipersoalkan lagi. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach), dimana pada pendekatan jenis ini guru melakukan pendekatan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran,
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach), dimana pada pendekatan jenis ini guru menjadi subjek utama dalam proses pembelajaran.
Fungsi Pendekatan dalam Pembelajaran