Nadya Paramita

Born Pink Concert in Jakarta

23 Mei 2023   12:00 Diperbarui: 23 Mei 2023   12:07 183
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Blackpink adalah grup vokal yang berasal dari Korea Selatan, grup ini dibentuk oleh perusahaan YG. Blackpink beranggotakan 4 orang yaitu Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo. Debut di tahun 2016 hingga menjadi girl group terbesar di dunia dengan penjualan album tinggi. Blackpink telah menyelenggarakan konser di beberapa negara. Blackpink World tour pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019, tak hanya disekitar Asia tetapi juga Australia, Eropa, dan Amerika. Setelah sukses menggelar World Tour pertama, Blackpink kembali membuat album berjudulkan Born Pink yang di rilis tahun 2022 lalu.

Album ini memiliki 8 lagu yaitu Pink Venom, Shut Down, Typa Girl, Yeah Yeah Yeah, Hard to Love, The Happiest Girl, Tally, dan Ready to Love. Beberapa bulan setelah merilis album Born Pink, Blackpink mengumumkan akan melakukan World Tour Born Pink di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika. Ketika Blackpink mengumumkan akan menyelenggarakan konser di Jakarta selama dua hari, saya sangat senang dan berharap bisa mendapatkan tiket konser Blackpink. Konser dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Maret 2023.

Penjualan tiket dimulai tanggal 14 dan 15 November 2022. Saya membeli tiket pada tanggal 15 November melalui platform tiket.com, membeli tiket Blackpink sangat sulit karena banyak orang yang mengakses tiket.com secara bersamaan. Tetapi, saya berhasil mendapatkan tiket untuk tanggal 12 Maret 2023 yaitu konser Blackpink hari kedua.

Mendekati bulan Maret, saya bersiap-siap dengan membeli tiket pesawat dan memesan kamar hotel. Saya berencana untuk berangkat pada tanggal 11 Maret 2023 dan pulang di hari Senin dini hari. Tak lupa saya juga menyiapkan baju untuk konser. Pada tanggal 11 Maret, saya berangkat dari Surabaya ke Jakarta pukul 13.00. Sesampai saya di Jakarta, saya mencoba menghubungi sopir sewa mobil di Jakarta. Sebelum ke hotel, saya mampir ke Plaza Senayan untuk makan siang di Sushi Tei.

Setelah makan sushi, saya menelpon driver saya untuk diantarkan ke tempat penginapan. Saya menginap di Hotel Mulia, lokasinya dekat dengan tempat konser Blackpink yaitu di Stadium Glora Bung Karno. Setiba saya di Hotel Mulia, saya segera check in kamar. Di front desk, resepsionis yang membantu registrasi kamar mengatakan bahwa semua hotel di Jakarta full booked karena adanya konser Blackpink. Setelah berhasil registrasi dan mendapatkan kartu kamar, saya segera memasuki kamar dan istirahat.

Keesokan harinya yaitu hari Minggu tanggal 12 Maret adalah hari kedua konser Blackpink. Di pagi hari sekitar pukul 08.30, saya menuju restoran untuk makan pagi. Restoran di hotel mulia menyediakan berbagai macam masakan khas Indonesia, Asia, dan Kongenital. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10.30, saya kembali ke kamar untuk bersiap - siap. Pukul 12.00, saya menuju Stadium Gelora Bung Karno untuk menukarkan tiket menjadi wristband. Penukaran tiket memerlukan Kartu Tanda Pengenal (KTP) beserta bukti pembelian tiket di tiket.com, disana terlihat banyak penggemar yang juga sedang menukarkan tiket.

Tempat penukaran tiket berada di parkir selatan Stadium Gelora Bung Karno, proses penukaran termasuk cepat karena terdapat beberapa staff di loket yang membantu menukarkan tiket. Setelah berhasil menukarkan tiket menjadi wristband, saya mencari pintu masuk untuk kategori 3. Di sekitar pintu masuk cukup ramai dengan penggemar yang antre untuk melakukan pengecekan barang dan scan wristband. Proses antre dan pengecekan barang cukup memakan waktu lama, sekitar 30 menit akhirnya saya bisa masuk.

Di lapangan luar Stadium Gelora Bung Karno, terdapat booth penjualan merchandise official Blackpink yang menjual berbagai macam barang, seperti lightstick, tas, kartu foto, boneka, gantungan kunci, stiker, dan masih banyak lagi. Terlihat banyak penggemar yang sedang mengantre untuk membeli merchandise.

Terdapat juga photobooth dan photowall yang dapat digunakan untuk berfoto. Selain itu, banyak tenant yang menjual makanan dan minuman. Setelah berfoto diluar, sekitar pukul 16.00, saya memutuskan untuk masuk dan mencari kursi saya di kategori 3. Untuk kategori VIP dan Platinum memasuki pintu di lantai 1, kategori 1 dan 2 memasuki pintu di lantai 2, sedangkan kategori 3 dan 4 di lantai 3. Saat masuk saya di bantu oleh staff untuk mencari kursi saya sesuai nomor yang tertera di wristband. Kategori 1,2,3, dan 4 duduk di bagian tribun,  sedangkan kategori VIP dan Platinum disediakan kursi di lapangan dekat dengan panggung.

Konser di mulai sekitar pukul 18.30, lagu pembukaan yang dibawakan adalah How You Like That, Pretty Savage, Whistle. Lagu pembukaan disambut penggemar dengan meriah, personil Blackpink mengenalkan diri dan berinteraksi dengan para penggemar. Di tour Born Pink ini, setiap personil akan membawakan lagu secara solo. Penampilan solo pertama dibawakan oleh Jisoo, yang menyanyikan lagu Liar milik Camila Cabello. Saat itu, Jisoo tampil cantik dan energik mengenakan busana hitam dengan motif bunga berwarna merah.

Kemudian, penampilan solo kedua datang dari Jennie yang menyanyikan lagu You And Me (Moonlight), lagu ini merupakan lagu Jennie yang belum resmi di rilis. Jennie mengenakan busana berwarna abu - abu dan berdansa bersama penari pendukung laki-laki. Penampilan solo ketiga dibawakan oleh Rose yang menyanyikan dua lagu, yaitu Hard To Love dan On The Ground. Sedangkan untuk penampilan solo terakhir adalah Lisa, menyanyikan lagu berjudul Lalisa dan Money. Lisa mengenakan busana berwarna merah muda dan berdansa dengan beberapa penari pendukung.