Mohon tunggu...
nadya iqmalia
nadya iqmalia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pertahankan Pola Hidup Bersih dan Sehat sebagai New Normal

15 Agustus 2020   15:58 Diperbarui: 15 Agustus 2020   15:54 33 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi covid-19 yang sedang terjadi di penjuru dunia memang membawa berbagai perubahan dalam kehidupan manusia. Mulai dari aktivitas seperti bekerja, sekolah dan lainnya harus dilakuan di rumah, hingga perubahan pada pola gaya hidup manusia yang lebih memprioritaskan kesehatan. Gaya hidup seperti tentu harus di pertahankan, apalagi sekarang memasuki kehidupan new normal.

Dengan diterapkan new normal, masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti bekerja dan sekolah seperti sedia kala namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti, memakai masker mencuci tangan, menerapkan social distancing (minimal 1 meter). Selain itu masyarakat juga harus tetap menjaga daya tahan tubuhnya masing-masing. Mengingat, penyebaran virus covid-19 masih belum berakhir hingga sekarang.

Sistem kekebalan tubuh menjadi garis pertahanan pertama tubuh terhadap mikroorganisme dan virus penyebab penyakit. Itulah mengapa kita perlu menjaga sistem imun yaitu dengan menjaga keseimbangan nutrisi dan gaya hidup yang sehat. Pasalnya, tubuh kita tidak dapat secara alami menghasilkan semua vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Anjuran menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini memang sudah ada sejak lama, jauh sebelum masa pandemi ini ada. Namun kebiasaan ini jarang di terapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Pola hidup bersih dan sehat baru benar-benar diterapkan oleh masyarakat sejak terjadinya pandemi covid-19 ini. Dimana, masyarakat baru menyadari betapa pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat untuk kesehatan tubuh mereka.

Perbanyak Asupan Makanan Bergizi 

Makanan yang bergizi akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutrisi, kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh sudah pasti ikut meningkat. Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks, perbanyak konsumsi buah dan sayur, mengurangi konsumsi gula dan garam (disarankan 1 sendok per hari), mengkonsumsi kandungan lemak dan minyak dalam jumlah wajar. Perbanyak minum air putih 8-10 gelas per hari. Konsumsi vitamin dan suplemen tambahan sebagai pelengkap.

Jaga Kebersihan 

Menjaga kebersihan juga menjadi hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan new normal. Selain dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah beraktivitas, kita juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan rumah dengan rajin meyemprotkan cairan desinfektan. Untuk benda atau barang yang sering kamu sentuh dan bawa keluar rumah, bisa dibersihkan dengan disinfektan secara rutin. Misal, bersihkan handphone, dompet, atau kantong belanjaan yang sering kamu gunakan. Pastikan selalu membawa handsanitizer dan memakai masker kemanapun akan pergi.

Rajin Berolahraga 

Memasuki fase new normal tentu memberi rasa cemas tersendiri untuk beberapa orang. Agar terhindar dari stress yang berlebih, lakukanlah olahraga ringan sekitar 20 hingga 30 menit per hari. Kamu bisa lakukan olahraga seperti yoga, jogging, atau bersepeda. Selain bisa mengurangi stress, olahraga juga bisa menstabilkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu terapkan dalam menghadapi kehidupan new normal. Jika sistem kekebalan tubuh kamu terjaga, maka kamu akan bisa tetap terus sehat dan beraktivitas sehari-hari di tengah kehidupan new normal ini. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menggunakan masker setiap keluar rumah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x