Mohon tunggu...
Nadya Putri Salsabila
Nadya Putri Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa MBKM UM Mendorong Pengembangan Usaha IKM Melalui Branding Dengan Desain Label Produk dan Pencatatan Secara Akuntansi

9 Desember 2022   13:45 Diperbarui: 9 Desember 2022   13:56 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Label Produk (Dok. pribadi)

Malang - Dalam suatu usaha, kemasan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan perlunya untuk memperhatikan branding bagi suatu usaha tersebut. Dalam hal ini, IKM di Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo masih belum memperhatikan hal tersebut. Kemasan produk yang ada masih belum memiliki penanda yang diperlukan untuk mengenalkan produk tersebut ke pasaran. Kemasan yang menarik biasanya akan lebih diperhatikan oleh konsumen. Hal ini tentu saja akan menambah angka penjualan bagi usaha tersebut.

Pengenalan Terhadap Pencatatan Akuntansi (Dok. pribadi)
Pengenalan Terhadap Pencatatan Akuntansi (Dok. pribadi)

Dalam hal ini Tim KKN UM Desa Sumberejo 2022 membantu pelaku IKM yaitu Bu Ida yang memiliki usaha tas anyaman dan juga Bu Widarti yang memiliki usaha Keripik. Untuk lebih membantu dalam mengenalkan produk tersebut ke pasaran, Tim KKN UM Desa Sumberejo 2022 membantu dalam desain stiker kemasan dan juga label produk. Selain itu, memberikan wawasan baru bagi pelaku IKM tersebut mengenai pencatatan secara akuntansi khususnya terkait dengan transaksi penjualan. Hasil dari program kerja ini mendapatkan apresiasi yang baik dari pelaku IKM tersebut, dan diharapkan dapat digunakan dalam proses usahanya dengan semaksimal mungkin.

Penyerahan Stiker Kemasan (Dok. pribadi)
Penyerahan Stiker Kemasan (Dok. pribadi)

Dengan telah terlaksananya program kerja ini, diharapkan dapat membantu dan juga memberikan manfaat kepada para pelaku IKM tersebut dalam mengembangkan usahanya. Selain itu juga memberikan motivasi bahwa dengan adanya suatu label atau stiker kemasan akan menarik minat pembeli sekaligus dapat membantu dalam hal promosi dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun