Mohon tunggu...
Nadiya Alsajira
Nadiya Alsajira Mohon Tunggu... Seniman - mahasiswi

Halo teman-teman! saya Nadiya Alsajira dari Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melakukan kegiatan KKN Tematik 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan KKN dalam Penguatan Pembelajaran Daring: Belajar dan Bermain Menggunakan Educandy untuk Anak

28 Juli 2021   21:58 Diperbarui: 28 Juli 2021   22:23 216 0 0 Mohon Tunggu...

Adanya virus Covid-19 yang mewabah membuat perkembangan anak terhambat karena jarang mendapatkan ajaran secara langsung dengan guru, apalagi anak-anak yang masih di taman kanak-kanak dan sekolah dasar mereka membutuhkan metode belajar yang asyik dan mudah di pahami.

Untuk memotivasi siswa, guru harus bekerja keras lagi, mencari beberapa cara untuk mencegah siswa bosan. Beberapa metode digunakan sehingga pembelajaran online lebih menarik. Keingintahuan guru untuk melakukan metode pembelajaran yang menarik dilakukan setelah pelatihan atau seminar web tentang penggunaan metode pembelajaran online yang menarik, yang meningkatkan motivasi siswa dan memberikan interval selama pembelajaran online dengan memasukkan permainan menarik.

Dalam kegiatan KKN ini, saya melakukan penguatan pembelajaran dengan menggunakan EduCandy yang dimana aplikasi ini di bentuk dengan tema dan karakter yang lucu. Dengan desain aplikasi yang sangat mudah digunakan anak dan orang tua, disini juga terdapat metode belajar seperti bermain game. EduCandy juga sangat cocok untuk guru yang ingin membuat metode pembelajaran menjadi seru dan anak tidak bosan.
Aplikasi EduCandy juga bisa di akses secara gratis melalui Web, Handphone, dan Tablet. Dengan pengalaman yang saya coba dengan ibu Hannah dari SDIT Al-Fitrah kelas 2, anak-anak sangat menyukai quiz yang dilakukan dengan metode TTS dan Pencarian kata.

Mata pelajaran yang kami gunakan di mode TTS yaitu mata pelajaran PKN dan untuk mode Pencarian kata yaitu dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

dokpri
dokpri

Bahasa Inggris mode Pencarian kata

dokpri
dokpri

PKN mode TTS
 

Langkah-langkah untuk membuat permainan dalam permintaan ini adalah yang berikut.
1.Klik pada www.educandy.com, lalu pilih Masuk dan pilih Daftar di bawah kotak
2.Isi alamat email Anda dan tambahkan kata sandi
3.Periksa kotak masuk email dan konfirmasi dan kemudian masuk
4.Pilih jenis aktivitas yang ingin Anda lakukan: kata-kata, cocok pasangan atau pertanyaan tes (seperti yang ditunjukkan di bawah ini)
5.Masukkan judul atau topik pelajaran dan tambahkan subjek.
6.Tambahkan konten: Tombol pertanyaan dan respons. Anda juga dapat menambahkan gambar dan suara untuk game yang ada.
7.Ulangi langkah 6 sampai semua pertanyaan Anda merasa cukup.
8.Pilih jenis permainan yang hebat.
9.Bagikan kode game atau tautan

Dalam program kegiatan unggulan yang telah saya paparkan ke artikel ini yaitu penguatan pembelajaran dengan EduCandy, ibu dan bapak guru jika tertarik bisa mencoba langkah diatas. Dan metode ini saya gunakan kedepan untuk penguatan pembelajaran di SDIT Al-Fitrah
 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN