Mohon tunggu...
Nadine Azzahra Syah
Nadine Azzahra Syah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Jurusan Hospitaliti dan Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Live a life to the fullest

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mencoba Gaya Hidup ala Vegan

8 Maret 2021   15:31 Diperbarui: 8 Maret 2021   15:53 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
theconversation.com

Menurut sumber dari Wikipedia, Veganisme adalah filosofi dan gaya hidup yang peduli dan mempraktikkan kehidupan tanpa segala bentuk ekploitasi hewan, baik itu penolakan untuk mengkonsumsi hewan untuk makanan, pakaian, serta penolakan ujicoba pada hewan. Orang-orang yang mempraktikkan veganisme disebut dengan Vegan.

Memutuskan untuk menjadi seorang vegan bukan hal yang mudah apalagi saya hidup di lingkungan yang kesehariannya tidak lepas dari mengkonsumsi produk hewani dan menjadi satu-satunya vegan di lingkungan keluarga dan teman-teman merupakan hal yang menantang bagi saya. Awalnya sangat sulit untuk terbiasa dengan gaya hidup ini, tapi seiring berjalannya waktu saya mulai banyak belajar dari sumber informasi yang telah tersedia di internet cara bagaimana untuk dapat mempraktikan vegan lifestyle secara benar dan konsisten.

Terkadang saya masih tergoda dengan burger, steak, nasi padang, sate padang, terutama indomie dan masih banyak lagi. Menerapkan vegan lifestyle menuntut saya untuk dapat disiplin dalam mengatur pola makan, saya harus memaksakan diri untuk banyak mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan dalam menu makan sehari-hari, most importantly I have to cook my own meal. Tidak adalagi grabfood, junkfood dan indomie.

Saat menjadi seorang vegan saya jadi mengetahui berapa banyak nutrisi dan kalori yang harus saya konsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam tubuh sehari-harinya. 

Selain, makan-makanan sehat juga harus di dukung dengan berolahraga dan konsumsi air yang cukup. Bagian tersulit untuk saya adalah ketika harus mengganti gula dengan madu dan mengganti micin yang biasa saya gunakan dengan micin sehat jamur totole. Tapi semua tidak ada yang sia-sia, setelah sebulan penuh menerapkan vegan lifestyle saya merasakan tubuh menjadi lebih fit dan tidak mudah lelah.

Adapun beberapa manfaatnya.

KESEHATAN FISIK

Dengan mengkonsumsi makan-makanan sehat dapat meningkatan kualitas tidur. Sebelumnya saya sangat sulit untuk bisa tidur 8jam sehari, tapi setelah mulai memperhatikan pola makan saya merasa tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan tidur dengan durasi 8jam. Kemudian, dapat membuat tubuh menjadi lebih bersemangat, dapat mengontrol berat badan dan mengurangi resiko kanker.  

KESEHATAN MENTAL

Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Saat kebutuhan tubuh sudah terpenuhi dengan baik, sehingga menghasilkan hormon serotonin yang dapat meningkatkan mood dan daya kerja otak.

MUDAH BERSOSIALISASI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun