Mohon tunggu...
Nadinda SuciUtari
Nadinda SuciUtari Mohon Tunggu... Student

Hello!

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Tetap Fit Selama Musim Hujan

6 Februari 2021   15:07 Diperbarui: 6 Februari 2021   15:17 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Tetap Fit Selama Musim Hujan
Ilustrasi orang kehujanan (Foto: yoexplore.co.id)

Selama musim hujan, beberapa jenis mikroba akan berkembang lebih cepat. Jika daya tahan tubuh kita buruk maka, beberapa mikroba tersebut dapat lebih mudah menginfeksi tubuh kita. Yang akhirnya memunculkan beberapa penyakit seperti flu, radang tenggorokan, diare, tifus dan demam berdarah dengue. Tentunya semua manusia ingin memiliki tubuh yang sehat bukan? Apalagi untuk para manusia produktif yang beban pekerjaannya selalu menumpuk. Jika hal ini terjadi maka produktifitas dan performa kerja akan menurun sehingga pekerjaan menjadi berantakan. Berikut ini beberapa tips agar kamu tetap fit selama musim hujan.


Kebutuhan gizi tercukupi

Ilustrasi makanan yang bernutrisi (Foto: rawpixel.com)
Ilustrasi makanan yang bernutrisi (Foto: rawpixel.com)

Sangat penting mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi untuk memperkuat kekebalan tubuh ditengah cuaca yang sedang buruk ini. Jenis makanan yang dikonsumsi berupa sayur-sayuran dan buah-buahan berupa brokoli, bayam, jeruk, dan stoberi yang kaya akan antioksidan serta vitamin A, C dan E, dan makanan laut yang mengandung protein, omega-3, lemak tak jenuh serta vitamin dan mineral.  

Hindari juga makanan yang dijual dipinggir jalan, karena kita tidak bisa jamin kebersihannya dan mungkin makanan tersebut terpapar oleh air hujan yang sudah terkontaminasi dengan udara kotor. Lebih baik kita membuat sendiri dirumah karena kebersihan makanannya terjamin dan lebih hemat.

Rajin mencuci tangan

Ilustrasi mencuci tangan (Foto: freepik.com)
Ilustrasi mencuci tangan (Foto: freepik.com)

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan banyak benda. Ketika musim hujan, banyak bakteri dan virus bermunculan yang membuat kita menjadi rentan terkena hal yang tidak diinginkan. Maka rajinlah mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh selama 40 detik untuk mencegah terkena virus dan bakteri.

Minum air putih yang cukup

Ilustrasi minum air putih (Foto: ww.com)
Ilustrasi minum air putih (Foto: ww.com)

Ketika cuaca dingin bukan berati kita tidak memerlukan air putih yang cukup. Memang cuaca yang dingin tidak membuat kita mudah haus dibandingkan dengan pada saat cuaca panas. Untuk itu, saat musim hujan jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi. Karena jika sudah dehidras tubuh kita justru akan lebih mudah terserang virus.

Hindari merokok dan menghirup asap rokok

Ilustrasi orang sedang merokok (Foto: mymodernmet.com)
Ilustrasi orang sedang merokok (Foto: mymodernmet.com)

Kandungan pada rokok dapat mengirtasi mukosa dalam saluran pernafasan kita sehingga dapat terjadi infeksi pada tubuh kita.

Istirahat yang cukup

Ilustrasi wanita sedang tidur (Foto: hercampus.com)
Ilustrasi wanita sedang tidur (Foto: hercampus.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x