Mohon tunggu...
PMM kelompok 53 gelombang 14
PMM kelompok 53 gelombang 14 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

mahasiswa PMM UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh Mahasiswa UMM

28 September 2021   18:50 Diperbarui: 28 September 2021   18:53 89 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh Mahasiswa UMM
anak-anak memperhatikan materi perilaku hidup bersih dan sehat/dokpri

Pada masa pandemi COVID-19, berperilaku hidup bersih dan sehat merupakan hal yang sangat wajib dilakukan agar terhindar dari segala macam jenis penyakit, virus, maupun bakteri. 

Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 14 kelompok 53 dari Universitas Muhammadiyah Malang mengajak anak-anak yang berada di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Jombang untuk berperilaku hidup bersih dan sehat seperti cara mencuci tangan serta cara menyimpan dan membuang obat yang baik dan benar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada (11/09/2021) pukul 15.00-17.00 WIB di perpustakaan panti asuhan. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anak-anak panti asuhan sekitar 50 anak.

Kegiatan edukasi hidup bersih dan sehat ini mendapat perhatian yang cukup baik dari anak-anak panti asuhan. Mereka mengikuti kegiatan dari awal sampai berakhirnya acara. Kita menjelaskan beberapa hal seperti 11 cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan standar WHO. 

Terdapat beberapa perwakilan adik-adik panti yang mempraktikkan 11 cara mencuci tangan di depan teman-teman mereka. Selain itu, kita juga menjelaskan bagaimana cara menyimpan dan membuang obat dengan baik dan benar.

perwakilan dari mereka yang mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik dan benar/dokpri
perwakilan dari mereka yang mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik dan benar/dokpri

“Terima kasih dengan adanya edukasi perilaku hidup sehat dan bersih ini, anak-anak di panti asuhan lebih mengerti lagi tentang menjaga kebersihan,” ucap Ibu Cumik, selaku pengasuh panti asuhan.

Pada (17/09/2021) pukul 13.00-16.00 WIB, kita memperbaiki tempat cuci tangan yang sudah tersedia di panti agar dapat digunakan kembali sebagai aksi nyata kami pada edukasi perilaku hidup bersih dan sehat,. Dimana, tempat cuci tangan tersebut sebelumnya terlihat tidak layak digunakan. Dengan begitu, adik-adik di panti asuhan dapat menerapkan 11 cara mencuci tangan yang baik dan benar yang sudah kita jelaskan di hari sebelumnya.

hasil tempat cuci tangan yang sudah diperbaiki/dokpri
hasil tempat cuci tangan yang sudah diperbaiki/dokpri

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang yang berada di bawah naungan Direktorat dan Pengabdian pada Masyarakat (DPPM). Kegiatan berlangsung dalam kurun waktu 30 hari di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Jombang.

Terdapat 5 mahasiswa dari jurusan Farmasi Fakultas Ilmu kesehatan yang terlibat dalam kegiatan tersebut, beranggotakan Putri Ardana Wahyu Andika, Nadia Febri Arianti, Rofiatul Miftah, Syafirah Nur Ain, dan Shelviana Kirani dengan bimbingan dari Ibu Ririn Harini, S.Kep., Ns., M.Kep.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan