Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Penulis - Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kekurangan Vitamin D? Cek 5 Makanan Sumber Vitaminnya Ini!

3 Juni 2021   16:16 Diperbarui: 3 Juni 2021   19:22 508 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekurangan Vitamin D? Cek 5 Makanan Sumber Vitaminnya Ini!
Ilustrasi ikan salmon | pexels/Valeria Boltneva

Sejak pandemi Covid-19, vitamin D dipercaya bisa menjadi salah satu vitamin yang bisa membuat daya tahan tubuh meningkat. Maka dari itu, salah satu cara paling mudahnya orang-orang ramai menerapkan kebiasaan berjemur di pagi hari.

Selain itu, sumber vitamin Dย tentu bisa didapat dari konsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin yang terbukti bisa mengendalikan infeksi ini.

Menurut penelitian, dilansir dari kompas.com, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit seperti jantung, kanker, diabetes, kelebihan berat badan, hingga depresi.

Sementara itu, manfaat vitamin D ini sendiri selain bisa mengendalikan infeksi, juga bisa mengurangi peradangan, serta mencegah pertumbuhan sel kanker. Maka dari memiliki asupan vitamin D yang pas dan tepat, penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Memiliki asupan vitamin D yang cukup setiap harinya, juga bisa membuat seseorang menjadi lebih optimal dalam berkegiatan melakukan aktivitas setiap harinya. Jika kamu mengalami gejala kekurangan vitamin D seperti di atas, mungkin kamu harus pahami berapa banyak sebenarnya asupan vitamin D yang dibutuhkan manusia setiap harinya?

Baca juga: Manfaat Jengkol untuk Kehidupan Sehari-hari

Berdasarkan dari laman resmi Harvard T.H. Chahn School of Public Health dilansir kompas.com, untuk orang dewasa yang dalam kondisi sehat, asupan vitamin D yang diperlukan adalah sebanyak 600 IU. Berbeda lagi dengan untuk lansia, asupan vitamin D yang diperlukan setiap harinya sebesar 800 IU. Ini untuk lansia dengan usia 70 tahun ke atas.

Zat besi ini bisa diperoleh melalui beberapa sumber vitamin D berikut ini.

1. Ikan Salmon

Dilansir dari Healtline, sumber vitamin D satu ini dalam satu porsi ikan salmon dengan berat 100 gram, memiliki 526 IU vitamin D. Ikan salmon memang salah satu jenis ikan berlemak yang jadi sember vitamin ini. Jumlah satu porsi 100 gram salmon tersebut bisa memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin ini setiap harinya.

2. Ikan Haring

Ternyata ikan sebagai sumber vitamin D cukup banyak. Selain ikan salmon, ikan haring juga bisa penuhi kebutuhan vitamin D. Dengan memakan seporsi ikan ini diklaim sudah mencukupi 27 persen kebutuhan vitamin D setiap harinya.

Tak hanya ikan dari laut Atlantik ini dan salmon saja, iklan berlemak lainnya yang juga bisa bantu mencukupi vitamin D antara lain Halibut dan Mackerel.

3. Minyak hati ikan kod

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x