Mohon tunggu...
Fikri Wirahman
Fikri Wirahman Mohon Tunggu... Penulis

Sipenyuka gambar, film, game dan seorang digital marketing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Jengkol untuk Kehidupan Sehari-hari

11 Januari 2021   10:52 Diperbarui: 11 Januari 2021   11:26 54 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Jengkol untuk Kehidupan Sehari-hari
sehatq.com

Siapa yang tidak tahu dengan jengkol? Aroma khas nya yang bikin ngiler para pecinta makanan tradisional mau itu diolah secara kering maupun basah dengan bumbu sambel merah pedas. Sebenarnya beruntung banget bagi yang menyukai makanan ini karena memiliki manfaat yang baik. Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh kita sangat baik karena memiliki kandungan yang penting seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Menurut ahli gizi Dr. Anna Maurina Singal, MGizi, SpGK dari departemen Ilmu Gizi FKUI mengatakan bahwa jengkol bermanfaat jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebih, dikutip dari detikHealth beberapa waktu lalu. Belum lagi dia menambahkan bahwa jengkol sendiri kaya akan vitamin A,B dan C serta mineral fosfor, kalsium dan zat besi

Nah bagaimana manfaat jengkol berperan dalam membuat tubuh kita sehat dan juga menjadi salh satu asupan nutrisi yang baik? Simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Jengkol Yang Berperan Untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan jantung

Antioksidan yang dikandung dali stiap biji jengkol memiliki manfaat bagi kesehatan jantung karena dapat menangkal radikal bebas juga melancarkan peredaran darah. Namun untuk mengolahnya jangan dicampur dengan santan atau bahan yang memiliki kandungan lemak tinggi karena dapat meningkatkan darah tinggi dan sport jantung.

Manfaat Jengkol Mencegah anemia

Zat besi yang dikandung oleh jengkol sangat bermanfaat bagi pembentukan sel darah merah sehingga bagi penderita atau untuk menghindari anemia, cocok banget nih. Selain itu dengan adanya kandungan vitamin C, hal tersebut dapat membantu penyerapan zat besi jadi lebih optimal.

Menjaga berat badan

Serat pun dimiliki oleh jengkol dimana manfaatnya sangat baik untuk menjaga berat badan agar stabil. Belum lagi makanan ini dapat membakar energi tubuh dan mengatasi lemak berlebih jika diolah dengan baik dan benar.

Menstabilkan organ vital tubuh

Asam folat dan vitamin B6 yang terkandung didalam jengkol sangat baik bagi organ vital didalam tubuh agar bekerja dengan optimal. Oleh karena itu kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung.

Dalam pemanfaatan jengkol dibutuhkan konsumsi secara rutin dengan diolah menjadi bentuk lalapan dan jangan diolah secara berlebihan yang mengakibatkan lemak atau kolesterol dalam tubuh bertambah. Namun sudah lama sekali jengkol menjadi sebuah cemilan ringan seperti kerupuk jengkol dan keripik jengkol. Biasanya cemilan murah dari olahan jengkol ini banyak kita temui di pasar-pasar. Baik yang memiliki kemasan kecil maupun kiloan.

Jadi sekali lagi bagi kamu yang memang hobi memakan jengkol, ada nilai plus nya nih untuk kesehatan tubuh. Namun tetap yah dalam takaran porsi yang sewajarnya. Nah bagi kamu yang tidak menyukai jengkol karena aroma pekat yang dihasilkan, jadi mikir dua kali gak nih?

Sumber: Boboko Snack

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x