Mohon tunggu...
Nada Shafa Salsabila
Nada Shafa Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Ayo Selamatkan Bumi Kita dengan Mendukung Realisasi Net-Zero Emissions!

23 Oktober 2021   12:00 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:06 105 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Akhir-akhir ini, istilah Net-Zero Emissions (NZE) makin sering diperbincangkan oleh publik. Net-Zero Emissions dianggap sebagai puncak harapan masa depan (expected future milestone).

Sebenarnya, apa pengertian dari Net-Zero Emissions itu sendiri?

Net-Zero Emissions adalah upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dalam suatu kegiatan dengan tujuan menyeimbangkan jumlah karbon dioksida atau  gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer.

Istilah Net-Zero Emissions sendiri sebenarnya sudah mulai dikenal sejak tahun 2008 lalu, namun baru mendapat perhatian lebih pada tahun 2015, tepatnya setelah Konferensi Tingkat Tinggi Iklim di Paris.

Masih banyak yang salah mengartikan istilah Net-Zero Emissions. Makna Net-Zero Emissions bukan berarti bahwa manusia harus berhenti memproduksi emisi, tetapi mengurangi emisi gas rumah kaca yang ada di atmosfer. Secara alamiah manusia dan dunia tidak bisa lepas dari memproduksi emisi setiap harinya, karena saat bernapas pun manusia menghasilkan karbon dioksida (CO2). Emisi karbon yang dihasilkan dari napas manusia menyumbangkan 5,8% pada volume emisi karbon tahunan.

Gas rumah kaca ini semakin lama akan membuat lapisan ozon semakin tipis serta menimbulkan berbagai macam perubahan iklim. Dampak dari perubahan iklim ini cakupannya cukup luas, mulai dari makanan, air, ekosistem, hingga cuaca ekstrem. Tidak hanya itu, gas rumah kaca juga berpotensi meningkatkan pemanasan global, di mana hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk terhadap alam semesta dan seluruh isinya. Oleh karena itu, Net-Zero Emissions ini harus segera ditangani.

Indonesia menargetkan bahwa Net-Zero Emissions akan dicapai pada tahun 2060 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam acara Indonesia Green Summit mengungkapkan bahwa Indonesia optimis Net-Zero Emissions akan dapat dilakukan lebih awal dengan bantuan teknologi yang semakin canggih serta dukungan finansial yang lebih baik.

Lalu, langkah apa yang dapat dilakukan Indonesia untuk mewujudkan Net-Zero Emissions ini?

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya sangat diperlukan kerja sama dan kontribusi dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Pemerintah harus berkomitmen tinggi serta menekankan beberapa langkah serius kepada berbagai sektor masyarakat agar target Net-Zero Emissions dapat terwujud, yaitu dengan cara:

1. Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan

Penggunaan bahan bakar ramah lingkungan harus terus ditingkatkan untuk meminimalisir perubahan iklim akibat polusi udara. Apabila polusi udara berkurang, maka iklim akan semakin baik, dan indeks kesehatan masyarakat juga akan semakin baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan