Mohon tunggu...
Nada Septia
Nada Septia Mohon Tunggu... Mahasiswi/Penulis

Mahasiswi/freelance Suka yang asin-asin gasuka yang manis-manis. soalnya akunya udah manis Sebuah Quot yang menjadi pegangan hidup "Hidup cuma sekali, dan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat"

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Langkah Strategi Digital Marketing Bagi UMKM

9 Mei 2025   19:23 Diperbarui: 9 Mei 2025   19:23 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Laptop betuliskan digital marketing(Sumber: Photo by Mikael Blomkvist from Pexels)

Pada saat ini, Digital Marketing bukan lagi sebagai pilihan tapi menjadi sebuah keharusan bagi UMKM. Hal ini dikarenakan kita sudah memasuki era dimana semua serba berbasis online mulai dari pemasaran hingga transaksi. Digital Marketing atau digital pemasaran memiliki banyak keuntungan bagi UMKM karena jika berbasis digital akan memperluas audies, dampaknya penjualan pun akan meningkat. Namun sebelum memulai memasuki dunia Digital Marketing ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut

Langkah awal yang sangat penting dalam dunia digital marketing adalah bagaimana kita memahami Segmenting, Targeting, Positioning (STP). Segmenting kita tahu bagaimana demografi, psikologi atau perilaku dari calon konsumen kita. Targeting kita mengetahui bagaimana target pasar kita siapa membutuhkan produk kita. yang terakhir adalah Positioning yaitu bagaimana kita memposisikan produk kita di benak konsumen.

Berkaitan dengan positioning maka kita memerlukan tempat atau platform, ini bisa menjadi langkah yang kedua. kita bisa membuat toko online untuk memudahkan konsumen berbelanja. lalu membuat platform sosial media seperti instagram, TikTok, Facebook dan lainnya sebagai tempat kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk kita juga bisa bersentuhan langsung dengan konsumen.

langkah yang ketiga memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran sebaik mungkin. Kita bisa menciptakan konten yang menarik sekaligus mengenalkan produk/brand kita. kita juga bisa memanfaatkan beberapa fitur gratis yang bisa membantu mengoptimalkan media soial kita atau jika ingin lebih bagus bisa menggunakan fitur yang berbayar.

langkah terakhir adalah Analisa dan Evaluasi dari adanya kinerja digital marketing kita. langkah ini bisa dikatakan sangat penting. karena kunci keberhasilannya bagaimana kita bisa selalu menganalisa trend pasar yang berubah ubah sehingga produk kita bisa menyesuaokan dan evaluasi untuk bisa tau strategi apa yang berhasil.

Digital Marketing bukan sebuah proses yang instan, dibutuhkan kesabaran dan konsisten. namun jika sudah berhasil Digital Marketing ini bisa sangat menjanjikan. jangan takut untuk mencoba berbagai trend baru dan teruslah malakukan inovasi ,analisa, dan evaluasi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun