Mohon tunggu...
nabilawardatulkhaurobellaa
nabilawardatulkhaurobellaa Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, cita-cita pengen jadi orang yang cerdas dan bermanfaat

hallaaw! nabila ada sini kawann, seorang mahasiswi cantikk dan mungil dan penyuka tantangan dan juga suka jalan-jalan dan alam, selalu ikuti bacaanku yaa kawan semoga bermanfattt, have nice day

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar oleh Robert Milles Gagne: Mengulik Lebih dalam tentang Pembelajaran

6 November 2023   20:57 Diperbarui: 6 November 2023   21:11 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori belajar adalah komponen penting dalam dunia pendidikan dan psikologi. Salah satu tokoh besar dalam bidang ini adalah Robert Gagne, seorang ahli psikologi pendidikan yang dikenal karena kontribusinya terhadap pemahaman kita tentang bagaimana manusia belajar. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan teori belajar oleh Robert Gagne yang telah menjadi landasan dalam perancangan instruksi dan pengembangan kurikulum.

Profil Singkat Robert Milles Gagne

Robert Gagne lahir pada tahun 1916 dan wafat pada tahun 2002. Selama hidupnya, ia memperoleh banyak penghargaan dan prestasi dalam bidang psikologi pendidikan. Ia memegang gelar doktor dalam psikologi pendidikan dari Universitas Brown dan mengajar di berbagai universitas terkemuka seperti Universitas Harvard. Gagne juga pernah bekerja di Angkatan Udara Amerika Serikat selama Perang Dunia II, di mana ia mulai mengembangkan minatnya dalam pembelajaran dan instruksi.

Teori Belajar oleh Robert Milles Gagne 

Teori belajar oleh Robert Gagne, dikenal sebagai "Hierarki Tujuan Pembelajaran" atau "Gagne's Nine Events of Instruction," adalah kerangka kerja yang membantu perancang instruksi untuk merencanakan dan menyusun pengalaman belajar yang efektif. Gagne mengidentifikasi sembilan langkah atau tahap yang harus diikuti untuk mencapai pembelajaran yang sukses:

Pertama, Pembelajaran Tujuan: Langkah pertama adalah menentukan tujuan pembelajaran dengan jelas. Tujuan-tujuan ini harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART).


Kedua, Motivasi: Gagne mengemukakan pentingnya memotivasi peserta didik. Ini dapat dicapai dengan memperkenalkan materi pembelajaran secara menarik, membangkitkan minat, atau menghadirkan tantangan yang memacu hasrat belajar.

Ketiga, Pengenalan Materi: Pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan materi pembelajaran. Ini mencakup memberikan latar belakang, konteks, atau informasi dasar yang relevan.

Keempat, Stimulasi Kegiatan Awal: Gagne menekankan pentingnya mengaktifkan pengetahuan sebelumnya peserta didik. Ini membantu membangun jembatan antara pengetahuan yang sudah ada dan materi yang akan dipelajari.

Kelima, Penyajian Informasi: Ini adalah tahap di mana materi utama disampaikan. Gagne menyatakan bahwa penyajian informasi harus berfokus pada konsep-konsep yang dapat dicerna oleh peserta didik.

Keenam,Evaluasi: Setelah materi disampaikan, penting untuk mengukur pemahaman peserta didik. Ini bisa dilakukan melalui pertanyaan, tugas, atau latihan.

Ketujuh, Umpan Balik: Setelah evaluasi, peserta didik harus menerima umpan balik tentang kinerja mereka. Umpan balik ini harus konstruktif dan membantu peserta didik memahami di mana mereka dapat memperbaiki pemahaman mereka.

Kedelapan, Latihan: Gagne menganggap latihan sebagai langkah kunci untuk mengukuhkan pemahaman. Latihan dapat berupa tugas, kuis, atau permainan yang melibatkan peserta didik secara aktif.

Kesembilan, Penilaian Akhir: Tahap terakhir adalah penilaian akhir yang mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Ini dapat berupa ujian, proyek, atau tugas lain yang mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.

Penerapan Teori Gagne dalam Pembelajaran

Teori belajar oleh Robert Gagne telah menjadi panduan berharga dalam merancang instruksi dan mengembangkan kurikulum. Ini membantu pendidik dan perancang instruksi untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menyusun pengalaman belajar yang efektif, dan mengukur hasil pembelajaran. Melalui pendekatan hierarki tujuan pembelajaran Gagne, peserta didik dapat merasa terlibat dalam pembelajaran, dan materi dapat dipahami dengan lebih baik.

Selain itu, Gagne menekankan pentingnya memotivasi peserta didik. Ini mencakup menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang minat dan hasrat belajar. Pemahaman bahwa peserta didik memiliki pengetahuan sebelumnya yang dapat diaktifkan juga menjadi konsep kunci dalam teori Gagne.

Kesimpulan

Teori belajar oleh Robert Gagne, dengan pendekatan hierarki tujuan pembelajaran dan sembilan peristiwa instruksi, telah menjadi landasan penting dalam dunia pendidikan dan psikologi pendidikan. Ini membantu para pendidik merancang pengalaman belajar yang efektif dan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Pemahaman konsep-konsep Gagne dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan membawa pembelajaran ke tingkat yang lebih tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun