PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PLATFORM BISNIS BAGI UMKM MELALUI WORKSHOP DIGITAL MARKETING
Mahasiswa KKN kelompok 167, Desa Bumiayu UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto mengadakan "Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Platform Bisnis bagi UMKM melalui Workshop Digital Marketing" di Desa Bumiayu pada hari Minggu (11/08/24).
Kegiatan ini diadakan melalui program pengabdian yaitu program KKN Reguler mahasiswa UIN Saizu Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Peserta workshop ini adalah pemuda dan pemudi dari Dukuh Bandung Desa Bumiayu, dan juga dihadiri dari Universitas UNSOED dan Universitas Peradaban Brebes. Untuk narasumber pada workshop ini adalah dari tim KKN sendiri yaitu saudara Sofian Aditiya yang merupakan Koordinator Desa Kelompok KKN 167. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perangkat Desa dari mulai Bapak Kepala Desa, PKK, ketua RT dan RW.
Adapun sambutan dari kepala desa yang diwakilkan oleh Sekretaris desa, menyampaikan bahwa adanya workshop ini berguna untuk kita sebagai pengguna media sosial. Menurutnya workshop ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk menjadi pebisnis juga bukan hanya menjadi pembelinya saja. Diharapkan kita bisa memasarkan produk kita secara online.
      Sejalan dengan hal tersebut, workshop digital marketing ini merupakan pemahaman bagaimana memanfaatkan media sosial instagram sebagai platform bisnis untuk pemasaran secara online. Kegiatan ini memberikan pelatihan bagi peserta untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan instagram dalam berbisnis. Penyampaian materi yang pertama adalah mengenai cara merubah akun media sosial Instagram menjadi akun bisnis, agara dapat digunakan untuk promosi produk melalui instagram. Kemudian dilanjutkan elemen apa saja yang ada dalam Instagram yang dapat digunakan untuk promosi produk. Ada feed, insta story dan sorotan yang dijelaskan juga perbedaan ukuran postingan produk melalui elemen yang digunakan. Bersamaan juga disampaikan bagaimana memulai bisnis online, yaitu dari mulai memilih produk yang akan dijual (jasa atau barang), target penjualan hingga tips-tips dalam jual beli.
      Selanjutnya materi yang kedua adalah membuat design produk yang akan dijual untuk di promosikan dengan mempostingnya di instagram. Pembuatan design ini, sekaligus memberikan pelatihan dan praktek kepada peserta workshop melalui aplikasi canva. Disini peserta diajak langsung untuk mempraktekan apa yang di contohkan  pemateri dan juga didampingi oleh tim KKN lainnya. Media sosial instagram menjadi sangat penting saat ini sebagai sarana pemasaran online atau digital marketing. Karena sudah banyak orang terutama dari kalangan pemuda yang menggunakan instagram.
Editor : Isnaitu Sa'diyahÂ
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI