Mohon tunggu...
Nabil Annisa
Nabil Annisa Mohon Tunggu... Penulis - Content Marketing

An ordinary girl who love to see city light and have special interests in writing and content creation

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tingkatkan Bisnis, Kenali Jenis Promosi Berikut Ini!

30 Juni 2022   10:15 Diperbarui: 30 Juni 2022   11:21 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: shutterstock.com/id/g/Rawpixel

Dalam melakukan proses pemasaran , promosi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi didengar diantara marketer. promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnis.

Sebuah promosi dapat dilakukan dalam berbagai media, seperti media cetak maupun media digital. Namun, seiring berkembangnya zaman, promosi menggunakan media digital memiliki lebih banyak peminat dibandingkan media cetak.

Berbicara mengenai promosi, apa itu promosi? apa tujuan yang ingin dicapai dari promosi? bagaimana cara menentukan strategi yang tepat untuk melakukan promosi? Untuk mendapatkan jawabannya, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 10+ Ide Promosi Unik Yang Bisa Tingkatkan Penjualan!

Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu tahapan pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan nilai penjualan sebuah perusahaan. Dengan kata lain, promosi adalah komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi, menyampaikan sesuatu kepada pelanggan untuk membeli barang/jasa yang ditawarkan perusahaan.

Philip Kotler mengemukakan bahwa promosi adalah strategi pemasaran yang dilakukan dalam bentuk komunikasi dengan pasar menggunakan elemen marketing mix. Sementara itu, Zimmeerer menerangkan bahwa promosi adalah salah bentuk persuasi marketer terhadap calon pelanggan untuk memberikan informasi produk yang dapat mempengaruhi mereka untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. 

Tujuan Promosi 

Setiap aktivitas pemasaran tentu saja memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan promosi. Berikut tujuan diadakannya promosi, diantaranya:

  • Menarik perhatian dan meningkatkan minat beli calon pelanggan
  • Memberikan informasi secara rinci kepada calon pelanggan terkait produk yang ditawarkan
  • Meningkatkan branding, angka penjualan, hingga keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan keunggulan dan daya saing dengan kompetitor
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menyebarkan informasi produk dan perusahaan
  • Meningkatkan asumsi dan minat beli pelanggan

Baca Juga: Mau Promosi Bisnis lewat Media Sosial, Mulai dari Mana, ya?


Jenis - Jenis Promosi

Selain tujuan, berikut jenis - jenis promosi yang harus Anda ketahui dalam menjalankan sebuah bisnis!

A. Promosi fisik

Promosi fisik adalah bentuk pemasaran yang biasanya dilakukan pada kegiatan tertentu di sebuah booth, seperti konser, bazar, pameran, dan masih banyak lagi.

B. Promosi media tradisional

Promosi media tradisional adalah promosi produk yang menggunakan media koran, majalah, tv, radio, iklan banner, baliho, dan media cetak lainnya.

C. Promosi digital

Sedangkan promosi digital adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media digital seperti  jaringan website, media sosial, mesin pencari, aplikasi, email, dan lain - lain.

Cara melakukan promosi yang menarik

Setelah mengetahui tujuan dan juga jenis - jenis dari promosi, berikut cara melakukan promosi yang menarik agar pelanggan dan calon pelanggan tertarik untuk membeli produk/jasa yang Anda tawarkan!

  1. Mengusung konsep yang unik
  2. Memberikan batas waktu
  3. Memanfaatkan media online
  4. Bekerjasama dengan influencer
  5. Menetapkan minimal pembelian
  6. Memberikan loyalty reward

Kesimpulan

Dengan melakukan promosi, Anda dapat menarik perhatian pelanggan atau calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, angka penjualan pun jadi meningkat dan tujuan perusahaan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik.

Dalam hal ini, promosi adalah aspek penting yang harus dilakukan dalam proses pemasaran karena dapat meningkatkan dan juga mengembangkan bisnis. Selain itu, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon Indonesia juga tidak luput dari salah satu strategi pengembangan bisnis. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Baca Juga: Promosi Bisnis Kuliner dengan Modal Minim

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah mempercayai Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah, tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun