Humaniora

Sekolah Istimewa, Untukmu yang Istimewa

6 Desember 2017   03:18 Diperbarui: 6 Desember 2017   04:47 605 0 0

Sekolah istimewa

Apakah sekolah istimewa itu?

Adakah sekolah istimewa tersebut?

Jawabannya adalah ADA.Sekolah istimewa itu diperuntukkan untuk anak yang istimewa pula. Mereka yang terlahir dengan keistimewaan harus mendapatkan pendidikan yang istimewa juga. Dari uraian diatas yang dimaksud anak istimewa adalah Anak Berkebutuhan Khusus. Mereka yang memiliki keistimewaan terkadang masih mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari lingkungan sekitar. Keterbatasan yang mereka miliki dianggap menjadi masalah besar bagi lingkungannya. Sehingga kemampuan lain yang mereka miliki tak mampu ditunjukkan akibat derasnya rasa kurang percaya diri yang timbul.

Maka dari itu munculah lembaga pendidikan yang memberikan mereka pelayanan sesuai kebutuhan mereka. Pendidikan tersebut disebut pendidikan inklusif. yang dimana program pendidikan tersebut menyetarakan anak normal dengan anak berkebutuhan khusus dalam satu lingkungan dan proses pembelajaran.  Bagi anak berkebutuhan khusus hal itu merupakan kesempatan emas untuk menanamkan rasa percaya diri mereka bahwa mereka berharga di masyarakat. Pendidikan inklusif juga menerapkan capaian-capaian khusus bagi ABK agar mereka mampu bersanding dengan anak normal lainnya.

Sebelum ada program pendidikan inklusi pemerintah mendirikan program sekolah luar biasa bagi mereka yang istimewa tetapi sekolah luar biasa ini semua siswanya ABK tanpa ada siswa yang normal. Jadi bagi ABK kurang maksimal dalam hal sosialnya, karena mereka berkumpul bersama mereka yang memiliki keistimewaan. 

Sampai saat ini sekolah inklusi masih diusahakan oleh pemerintah agar setiap kota dan daerah memiliki lembaga pendidikan inklusi untuk membebaskan mereka yang istimewa dari buta huruf. Para orangtua yang memiliki anak istimewa tak seharusnya untuk bersedih dan risau akan pendidikan mereka.

Anak-anak istimewa yang sekolah di sekolah inklusi akan memiliki guru pendamping kelas yang bertugas mendampingi dan membantu mereka selama pembelajaran. Guru pendamping ini sangat membantu siswa ABK untuk memahami pembelajaran disekolah. Para guru pendamping memiliki kewajiban penuh untuk memantau perkembangan anak istimewa yang mereka dampingi. 

Tidak hanya itu, guru pendamping juga hampir 75% layaknya orangtua dirumah yang mengajarkan bagaimana sosialisasi dengan oranglain dengan keterbatasan yang mereka miliki. Jadi, para orangtua yang memiliki anak istimewa tak usah berkecil hati atas kekurangan yang ada pada diri mereka. anda harus melihat mencari dan menggali potensi hebat dalam diri mereka agar meningkatkan rasa percaya diri dan bakat yang ada. Mereka sama seperti kita semua, hanya saja Allah mengambil sedikit anugerah dan menggantinya dengan kemampuan dan bakat yang hebat untuk di kembangkan.

Semoga bermanfaat readers, mohon maaf jika ada salah-salah kata.