Mohon tunggu...
Nabila Risanti
Nabila Risanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

enjoy ur life.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Melalui PONTANG-PANTING dan Go UMKM, Mahasiswa KKNT IPB University Edukasi Masyarakat Sawahgede dan Dorong Industri Kreatif

2 September 2022   15:38 Diperbarui: 2 September 2022   16:51 93 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CIANJUR -- Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University Kelurahan Sawahgede, Cianjur, memeriahkan Hari Jadi Cianjur di pelataran kelurahan dengan memberikan edukasi mengenai stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan isi piringku kepada anak-anak hingga remaja dengan media edukasi berupa poster dan tiga games board berbeda. Masyarakat sekitar antusias dengan adanya program yang telah dibuat oleh tim. Minggu (17/7/2022). 

Program ini diberi nama Pojok Games Edukasi Stunting (PONTANG-PANTING) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada remaja terkait stunting meliputi pengertiannya, dampak, dan faktor penyebab. Harapannya, remaja tersebut dapat lebih paham dan peduli akan pencegahan stunting bagi generasi mendatang. 

Sementara itu, anak-anak usia TK hingga SD diberikan edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengelompokkan perilaku baik dan buruk melalui games board rintik hujan serta mengelompokkan tiga jenis sampah organik, anorganik, dan sampah beracun melalui games board diorama bergerak. Sedangkan, untuk isi piringku, anak-anak diarahkan untuk memisahkan porsi-porsi makanan sehari-hari yaitu, lauk-pauk, buah-buahan, makanan pokok, dan sayur-sayuran melalui board games yang tersedia. 

Harapannya, anak-anak dapat lebih memperhatikan kebiasaan dan kebersihan tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga pada lingkungan sekitar mereka. Dalam pelaksanaannya sendiri, anak-anak sangat senang karena bisa bermain games sambil mendapatkan pengetahuan baru. 

Pada waktu yang bersamaan, tim KKN-T IPB Sawahgede juga melaksanakan program Go UMKM. Program ini dilaksanakan untuk membantu UMKM di Kelurahan Sawahgede yaitu Aulia Bakery dalam meningkatkan hasil penjualannya. 

Kunjungan yang dilakukan sebelumnya saat pre-survey penggalian masalah yang didampingi oleh bapak ketua LPM, Bapak Jajat dan Ketua forum RT/RW Kelurahan Sawahgede, Bapak Iwan, menunjukkan bahwa usaha yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun ini tidak mempunyai perubahan yang signifikan. 

Oleh karenanya, TIM KKN-T IPB Sawahgede berniat untuk membantu Pak No selaku pemilik Aulia Bakery dalam membuat kemasan dan logo baru agar lebih menarik perhatian masyarakat. 

Dengan diadakannya program Go UMKM selama dua hari, yaitu Sabtu (16/7/2022) dan Minggu (17/7/2022) penjualan Aulia Bakery meningkat dua kali lipat. Pak No mengatakan bahwa beliau terbantu dengan adanya program ini dan berniat untuk mengupgrade usaha yang dimilikinya.

"Alhamdulillah, ini sudah lebih dari biasanya," ujarnya.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan