Mohon tunggu...
N.C Gibran
N.C Gibran Mohon Tunggu... Apoteker - Penikmat Film

Berbagi sudut pandang tentang film dari sisi penonton. peracikobat@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tulisan ke-200: K-Rewards, Pilihan, Artikel Utama, dan Jumlah Pembaca

19 November 2022   14:43 Diperbarui: 19 November 2022   15:02 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14 tahun kompasian via kompasiana.com

Tidak terasa sudah menulis artikel di Kompasiana sebanyak 200 artikel. Walaupun sudah terdaftar sebagai kompasianer di tahun 2021 saya sendiri baru memulai menulis di kompasiana baru bulang Agustus kemarin.Terbilang baru dan masih perlu banyak beradaptasi dengan fitur, kompasianer, dan iklim menulis di kompasiana. Banyak hal-hal baru yang baru saya ketahui selama menulis kurang lebih 4 bulan lamanya di kompasiana.

Kompasiana itu semacam blog bukan semacam aplikasi atau media sosial selayaknya twitter, facebook, ataupun instagram. Hal ini saya sadari adanya pembatasan komentar pada tulisan pengguna. Ya memang bukan media sosial tapi, sebagai pengguna masih bisa berinteraksi antar sesama di fitur chat.

Selama menulis di Kompasiana ada 4 hal yang aku temukan yakni:

K-Rewards.

K-Rewards program di Kompasiana yang dibuat sebagai bentuk apresiasi atas seluruh kontribusi kreator konten di Kompasiana. Apresiasi dari Kompasian untuk penulis atau pembuat konten di kompasiana berupa uang elektronik yang dalam hal ini disalurkan melalui Gopay. 

Tentunya hal ini cukup memotivasi sebagai warga kos-kosan. Namun, untuk memenuhi persyaratan ikut program ini cukup sulit bagi penulis baru. Saya sendiri baru bisa bergabung ke program ini di akhir bulan Oktober kemarin. Ya akhir bisa masuk program K-Rewards. Cukup sulit untuk memenuhi persyaratannya 100 komentar, 25.000 views, dan 50 artikel. Hal yang paling sulit untuk memenuhi persyaratan ini adalah mendapatkan 25.000 views. Harus paham betul topik apa yang sedang naik daun untuk mendapatkan jumlah tayang yang banyak. Pada Akhirnya semua sudah terpenuhi.

Pilihan

Menulis di Kompasiana itu mudah-mudah gampang. Berbeda dengan platform lainnya kompasiana mengadopsi sistem Blog. Sepertinya kompasiana ingin para kompasianer menulis sudut pandang secara personal di kompasiana. Karena hal itulah pihak kompasiana memudahkan dalam penayangan tulisan, tidak ada seleksi ketat dari redaktur atau semacamnya. Jadi sebagai penulis yang ingin mendapatkan penilaian tentang tulisannya ya dari label pilihan. Mendapatkan label pilihan setelah menayangkan tulisan rasanya puas.

Mengutip dari kompasiana Predikat “Pilihan” akan diberikan kepada konten (reportase, opini, dan fiksi) yang memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:
1.)Komprehensif
2.)Aktual dan Faktual
3.)Unik dan Menarik
4.)Bermanfaat
5.)Memiliki unsur kebaruan (novelty)
6.)Katarsis
Jika tulisan mendapatkan label pilihan artinya kita memenuhi salah satu dari kriteria ini.

Artikel Utama

Selain label pilihan ada label Artikel Utama. Label yang satu ini ada di tingkat atas dari label pilihan. Kriteria hampir sama dengan label pilihan namun artikel dengan label Artikel Utama sudah melewati hasil diskusi admin dan memilih artikel pilihan yang menandakan artikel yang berlabel Artikel Utama dari segi tulisan dan tema tulisan sangatlah baik. 

Dari 200 Artikel yang saya buat hanya 1 artikel yang mendapatkan label Artikel Utama yang berjudul Quiet Quitting, Perbedaan Makna Pekerjaan Antargenerasi. Ada rasa bangga dan berharap tulisan selanjutnya bisa mendapatkan label Artikel Pilihan namun, untuk menulis dan menemukan tema itu sulit yah. Walaupun sudah menemukan tema yang pas untuk menuliskannya dengan baik tidak mudah. Mendeskripsikan ide yang ada di kepala secara naratif masih sulit untukku.

Jumlah Pembaca

Mendapatkan jumlah pembaca ini saya pribadi harus berkompromi dengan tema-tema yang ada. Sempat mencoba beberapa kali menuliskan tema yang tidak sepenuhnya aku pahami malah hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Saya kira berita yang viral belum tentu mendapatkan jumlah view yang banyak juga. Kemudian menulis artikel yang seadanya dan cukup dekat dengan kehidupan ternyata viewnya cukup memuaskan. Akhirnya bisa saya simpulkan untuk mendapatkan view dari pembaca harus mengkombinasikan tema dan kecakapan pribadi dalam tema tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun